Beranda Olahraga All Sport

Marquez Rebut Pole

BERBAGI

SILVERTONE-Silvertsone, sirkuit tempat Yamaha begitu lebih diunggulkan, ternyata menjadi makanan Honda. Pada sesi kualifikasi MotoGP Inggris tadi malam, jagoan Repsol Honda Marc Marquez sukses mengalahkan bintang Movistar Yamaha Valentino Rossi dalam perebutan pole position.

Itu adalah pole keempat Marquez secara beruntun musim ini. Tidak ada yang lebih gila dari lap terakhir Marquez di sesi kualifikasi tadi malam. Beberapa kali, rider 24 tahun tersebut melakukan penyelamatan saat motornya nyaris tergelincir akibat kehila­ngan daya cengkeram ban. Marquez memasang kom­binasi ban depan-bela­kang hard-soft. Jenis ban yang di atas kertas tidak ideal untuk berebut pole di sesi kualifikasi.

Namun skill balap Marquez yang mumpuni, membalikkan teori tersebut. Dialah satu-satunya pembalap di atas motor yang mampu mencatat waktu lap di bawah 2 menit. Rekor yang ditorehkan adalah 1 menit 59,941 detik. Raihan itu mengalahkan waktu lap Rossi dengan selisih sangat tipis 0,084 detik. ”Kini, motor kami memiliki basis yang bagus,’’ kata Marquez tentang daya saing motor Honda menghadapi sisa musim.

Rossi sendiri memilih ban lebih lunak dibandingkan Marquez. Untuk ban depan medium dan belakang soft. Di atas kertas, jika kedua pembalap menggunakan kombinasi ban yang sama pada balapan nanti malam, Marquez bakal lebih berpeluang bertarung sengit hingga bagian akhir lomba. Kecuali, jika Yamaha sudah berhasil menemukan solusi atas masalah ban yang mudah aus.

Posisi Rossi diapit rider Honda lainnya di titik start ketiga. Dia adalah rider tuan rumah Cal Crutchlow (LCR-Honda). Selisih waktunya pun tak terlalu jauh dari Marquez, yakni 0,165 detik. Crutchlow juga memasang kombinasi ban yang sama dengan Marquez.

Baris kedua grid bakal diisi Maverick Vinales (Movistar Yamaha) dan dua rider Ducati, Jorge Lorenzo dan Andrea Dovizioso. Vinales dan Lorenzo menggunakan ban medium-soft saat meraih lap terbaiknya. Sementara Dovi menggunakan hard-soft.

Tanpa bermaksud mendahului hasil balapan nanti malam (live 21:30 Trans 7), hasil kualifikasi tadi malam sekali lagi membutikan bahwa pengembangan motor Honda berada pada jalur yang tepat. RC213V sudah cepat di semua trek MotoGP. Meski mengalami dua kali kecelakaan di sesi latihan bebas kedua, Marquez mengakui bahwa itu adalah kesalahannya sendiri. Tidak ada urusan dengan motor.

Meski begitu, fans Yamaha masih bisa berharap pada hasil balapan nanti malam. Jika Rossi atau Vinales bisa menang, harapan untuk bersaing dengan Honda atau Ducati hingga akhir musim masih terbuka.(cak/nur)

Komentar Anda