Beranda Berita Utama

Kemenhub Luncurkan Tiga Kapal Pengangkut Ternak

BERBAGI

 

JAKARTA-Direktorat Jenderal Perhubugan Laut meluncurkan tiga unit kapal ternak. Peluncuran yang dilakukan sejak Jumat lalu (25/8) hingga hari ini tersebut, dilakukan di Galangan PT Bahtera Bahari Shipyrad Batam. Kapal-kapal tersebut diklaim dapat memperlakukan hewan ternak lebih baik.

Kapal pertama yang diluncur­kan adalah KM. Camara Nusantara 3. Selanjutnya kemarin (26/8) di galangan yang sama diluncurkan KM. Camara Nusantara 4. Sementara itu KM. Camara Nusantara 6 rencananya diluncurkan hari ini.

Plt. Direktur Jenderal Perhubungan Laut Bay M. Hasani merincikan kapal-kapal tersebut memiliki panjang 69,78 meter. Dengan ukuran tersebut, diprediksi akan mampu menampung 500 ekor sapi, 150 ton kargo, dan 32 orang awak kapal. Daya mesin utamanya mencapai 2 x 1400 hp. ”Saat percobaan kecepatannya mencapai 12 knot,” tuturnya.

Menurut Bay, kapal khusus pengangkut ternak merupakan kapal yang khusus digunakan untuk angkutan ternak antarpulau. ”Di Indonesia belum banyak kapal yang secara khusus dirancang untuk pengangkutan sapi,” kata Bay.

Secara umum proses pengangkutan sapi menggunakan kapal jenis general cargo. Kapal tersebut tidak dirancang untuk mengangkut sapi. Akibatnya banyak sapi yang tidak terawat pada saat proses pengiriman.

Proses pemindahan hewan ternak pun sejauh ini masih menggunakan cara ternak. Misalnya saja sapi yang dipindahkan dengan cara mengaitkan tanduk sapi kemudian diangkat dengan crane. Hal itu tentu dapat menambah tingkat stres pada sapi tersebut.(lyn)

Komentar Anda