Beranda Metropolis

Pestanya Pencinta Durian

BERBAGI
JUMBO: Salah satu penjual durian di Mal Botani Square memamerkan durian jumbo miliknya.

BOGOR–Bagi penggemar durian, bersiaplah untuk ”berpesta’’. Festival durian kembali dibuka di area parkir Convention Mal Botani Square kemarin (25/8). Pengunjung bisa menemukan berbagai jenis durian lokal unggul senusantara, mulai dari harga Rp65 ribu hingga Rp100 ribu per kilogramnya. Nah, bagi durian lovers yang mau mencoba durian unik, ada durian jumbo dengan berat 11 kilogram.

Durian yang dijual Aday ini merupakan durian berjenis montong. Harganya pun tak main-main, dijual Rp100 ribu per kilogram. Jika ditotal, untuk mendapatkan durian ukuran jumbo tersebut Anda harus merogoh kocek hingga Rp1,1 juta.

“Duriannya dari Rancamaya, rajanya durian. Hasil persilangan durian montong dan lokal. Kalau soal rasa dan manisnya enggak usah ditanya. Jenis ini terbatas, yang mateng duluan baru satu ini saja,” kata dia.

Lain Aday, lain pula Rodi. Dirinya merupakan salah satu peserta festival durian yang jauh-jauh datang dari Jawa Tengah dengan membawa lebih dari 2.500 durian. “Paling yahud rasanya yang jenis Dila, tapi semua jenis enak, mantap. Per kilonya dijual Rp65 ribu–Rp300 ribu,” jelasnya.

Marcom Manager Botani Square Heri Purnawan mengatakan, festival durian merupakan salah satu rangkaian dari HUT ke-11 Botani Square, setelah sebelumnya diawali dengan Bogor Heritage dan ditutup dengan celebration pada Sabtu (26/8). “Festival durian ini yang kedua kalinya, kan kalau durian itu banyak yang meminati.
Bogor juga kan terkenal dengan duriannya, jadi, kami coba untuk memfasilitasi. Yang pertama ramai, dan yang kedua dipastikan akan ramai juga,” ungkapnya.

Dikatakannya, festival durian ini berlangsung sedari 25 Agustus hingga 3 September. Pesertanya tidak hanya dari Bogor, melainkan juga dari Sukabumi hingga Jawa Tengah yang diundang langsung. “Ya, festival ini lebih kepada memfasilitasi dan memanjakan penggemar durian. Ke depan akan jadi agenda rutin,” tandasnya.(wil/c)

Komentar Anda