Beranda Ekonomi

Job Fair Sediakan 12 Ribu Lowongan Kerja

BERBAGI

JAKARTA–Kementerian Ketenagakerjaan menyediakan 12 ribu lowongan kerja pada Pameran Kesempatan Kerja (Job Fair) Nasional 25-26 Agustus 2017. Acara di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat itu pun diikuti 207 perusahaan yang memberikan peluang para pencari kerja.

Direktur Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kemnaker, Maruli Apul Hasoloan mengatakan, job fair dalam rangka memfasilitasi para pencari kerja untuk memperoleh informasi lowongan yang sesuai minat, bakat dan kemampuan. Selain itu untuk membantu perusahaan memperoleh tenaga kerja yang berkualitas, terampil dan profesional.

Maruli menjelaskan, selama ini perusahaan sering mengalami kesulitan mencari sumber daya manusia (SDM) berkualitas sesuai kebutuhan perusahaan. Padahal, jumlah pencari kerja sangat banyak tetapi tak cocok dengan ketersediaan kesempatan di perusahaan.

Untuk mengatasi masalah itu, pemerintah berkewajiban membantu mempertemukan kedua belah pihak yang lasing membutuhkan. ”Tenaga kerja yang terampil dan profesional merupakan kunci keberhasilan untuk menjalankan dunia usaha,” kata dia.

Menurut Maruli, perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi pada Job Fair saat ini terdiri dari sektor-sektor usaha. Di antaranya retail, konstruksi, manufaktur, asuransi dan perbangkan, oil dan gas, media cetak dan elektronik, otomotif dan lainnya.(ika/jpg/jpc)

Komentar Anda