Beranda Berita Utama

Jamaah Kesulitan Makanan

BERBAGI

JAKARTA–Evaluasi sementara penyelenggaraan haji disampaikan tim kunjungan kerja haji DPR tahap 1 di Jakarta kemarin (24/8). Karena waktu yang terbatas, tim evaluasi gelombang pertama ini berfokus layanan haji di Madinah. Secara garis besar, layanan di Madinah kurang memuaskan.

Di antaranya adalah di sektor pemondokan. Laporan tim menyampaikan ada sekitar 8.000 jamaah yang tergabung di 18 kloter menempati pemon­dokan di luar wilayah markaziyah.

Wilayah markaziyah adalah area pemondokan atau perhotelan di radius 500 meter dari kompleks Masjid Nabawi. ’’Bahkan, ada jamaah yang menempati pemondokan sampai di radius 1,2 km dari Masjid Nabawi,’’ jelas Wakil Ketua Komisi VIII DPR Sodik Mudjahid. Dia juga ikut dalam rombongan tim pengawas haji gelombang pertama.

Pelayanan haji di Madinah juga sempat geger ditemukannya 3.334 boks makanan dalam kondisi basi. Untungnya, boks makanan itu belum sampai tersalurkan ke setiap jamaah. Se­hingga, jamaah tidak sampai me­ng­onsumsi makanan tidak la­yak. Kelalaian pihak katering ini membuat jadwal makan ma­lam jamaah haji mundur sampai menjelang dini hari.(wan)

Komentar Anda