Beranda Berita Utama

Petugas Pajak Bidik Sembilan Artis

BERBAGI
ilustrasi pajak mobil artis

Sembilan artis Tanah Air disi­nyalir telat membayar pajak ken­daraan mewahnya. Kesembilan sele­britis tersebut di antaranya, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Syahnaz Shaadiqa, Annisa Saa­diyah Ifat, Mira Syamsiah, Roro Fitria, Bella Sophie, Gading Martin, Ahmad Dhani, dan Deddy Cor­buzier.

Berdasarkan data Pajak dan Retribusi DKI Jakarta (BPRD), Raffi dan keluarga tercatat memiliki 13 kendaraan berbagai jenis. Kendaraan atas nama Raffi di antaranya, Ducati Hypermotard D110 (CKD) yang dibeli pada 2012, dan Ducati Superbike 1199 (CKD) yang dibeli pada 2012.

Sementara itu, atas nama Nagita Slavina, ada Toyota Alphard 2.5 G AT, Honda Scoopy NC11C1C AT, dan Maserati Granturismo yang dibeli pada 2008. “Untuk Maserati, tunggakan pajaknya sekitar Rp23 juta,” kata Kepala Bidang Teknologi Informasi Pajak Daerah, Dewi Mustika Tafal, kepada pewarta.

Selain itu, ada pula Suzuki FD 125 XSD atas nama Setiawan, dengan alamat sama dengan Raffi Ahmad. Adik Raffi, Syahnaz Shaadiqa juga tercatat memiliki Toyota Fortuner yang dibeli pada 2012 dan pajaknya habis pada 23 April 2017.

Ada pula Ducati Diavel (CKD) atas nama Annisa Saadiyah Ifat yang pajaknya habis pada Februari 2017. Kemudian BMW 3181 MT yang pajaknya menunggak sejak 2016, Honda CRV RM3, dan Suzuki FU 150 yang juga habis pajaknya, atas nama Mira Syamsiah. Ada pula Piaggio GTV 250 atas nama perusahaan namun beralamat sama dengan Raffi Ahmad yang pajaknya sudah dibayar.

Selain Raffi, ada beberapa artis lain dengan tunggakan pajak yang diincar oleh BPRD. Ada Anjasmara dan keluarga yang tercatat menunggak pajak Toyota Fortuner, dua Kijang Innova, Isuzu Panther, dan Honda S90. Pembawa acara Tukul Arwana juga menunggak. Honda GL 125 K yang pajaknya habis Oktober 2016 belum dibayar.

Kemudian, ada Roro Fitria dengan Porsche Boxter-nya, yang menunggak pajak sejak 2015. Artis Bella Sophie juga tercatat memiliki Toyota Vellfire yang pajaknya belum dibayar sejak 2015, serta Ferrari yang belum didaftarkan ke kepolisian. Gading Marten yang bernama asli Angling Gading juga tercatat memiliki Jeep Wrangler, Toyota Alphard, dan sebuah vespa Piaggio yang pajaknya belum dibayar.

Ada pula Ahmad Dhani yang tercatat memiliki Mitsubishi Lancer, Honda Jazz, Chrysler Neon dan Chrysler 300 yang pajaknya sudah lama mati. Pesulap Deddy Corbuzier juga punya Toyota Vellfire yang pajaknya jatuh tempo sejak 30 Juni 2014.

Kepala Badan Pajak dan Retribusi DKI Jakarta (BPRD) Edi Sumantri, menyebut pihaknya mengincar artis-artis ini karena tahu mereka adalah kelompok pemilik kendaraan mewah yang nilai pajaknya cukup signifikan.

Ia mengungkapkan, kebanyakan kalangan pelaku industri kreatif tidak hanya memiliki satu kendaraan, melainkan lebih. Hal itulah yang dirasa Edi penting dan efektif untuk menyasar pajak kepada mereka. “Kami menyasar mobil mewah kan karena efektif, hasilnya lebih besar. Satu mobil mewah itu pajaknya bisa Rp100 juta, bisa Rp150 juta,” kata Edi.

Para artis dan seluruh pemilik kendaraan di Jakarta ini diimbau untuk membayar pajak sebelum tanggal 31 Agustus 2017, memanfaatkan masa pemutihan denda keterlambatan. Lewat tanggal itu, BPRD dan kepolisian akan menindak dengan cara menilang hingga menarik kendaraan mereka.

Bagaimana tanggapan para artis terkait daftar ini? Raffi Ahmad mengaku bakal membayar pajak mobil mewahnya. Melalui akun Instagramnya, Raffi meminta maaf akan keterlambatannya membayar pajak. Lebih lagi, saat petugas telah mendatangi rumahnya.

”Selamat siang, saya Raffi Ahmad saya mau klarifikasi mengenai pemberitaan yang sedang beredar saat ini mengenai masalah pajak mobil saya dan saat petugas kerumah saya sedang berada di lokasi shooting, sebagai warga negara indonesia saya sangat taat wajib pajak patuh pajak & bayar, apabila ada kendaraan yg habis di bulan ini, saya sedang proses dan pasti saya bayar,” tulis Raffi Ahmad Rabu (23/8).

Namun, Raffi mengaku tak semua kendaaran yang disebutkan petugas pajak adalah miliknya. Ada sebagian yang memang sudah dijual. ”Ada kendaraan yang sudah terjual akan saya lakukan pemblokiran secepatnya sehingga pembeli kendaraan saya tersebut bisa segera membalik nama kendaraan tersebut,” tulisnya.

Sementara itu, presenter dan aktor Gading Marten (35) mengaku kaget namanya masuk dalam deretan artis yang menunggak pajak kendaraan mewah selama tiga tahun. Gading mengaku, dia mengetahui namanya masuk ke dalam artis yang menunggak, setelah membaca pemberitaan di media massa. “Saya baru tahu sih. Tapi gila aja sampai (nunggak pajak). Saya rutin kok (bayar pajak),” katanya kepada pewarta.

Artis peran dan model Roro Fitria (29) kaget dirinya masuk ke dalam daftar penunggak pajak kendaraan mewah, oleh Dinas Pajak. Roro mengaku memiliki dua mobil mewah di kediamannya. Tetapi, ia pun rutin membayarkan semua pajak, setiap tahunnya, melalui manajemennya.

“Jujur saya kaget dan baru tahu. Saya rutin kok membayar semua pajak saya. Saya alokasikan dana untuk bayar pajak saya ke manajemen saya,” kata Roro kepada pewarta.

Ketika ditanyakan mengenai pajak kendaraan mewah, pemilik nama lengkap Raden Roro Fitria Nur Utami itu mengaku belum membayarkan pajak kendaraan mewahnya. Hal tersebut dikarenakan pembayaran pajaknya di Dinas Pajak Cabang Tebet, Jakarta Selatannya ditolak. Padahal, ia sudah membawa uangnya untuk membayar pajak.

“Waktu tahun kemarin, saya mau bayar pajak kendaraan mewah saya tapi ditolak. Padahal kartu pajak atau bentuk fisiknya saya punya, tetapi ditolak. Saya juga bingung kenapa bisa ditolak,” ucapnya.

Sedangkan Ahmad Dhani menyebut dirinya tak memiliki mobil mewah. “Kalau saya tidak punya mobil mewah. Kalaupun ada, tunggakan (kendaraannya) akan kecil, karena saya tidak punya mobil mewah,” katanya. Dhani bahkan menyebut orang pajak melakukan kesalahan.

“Saya enggak punya mobil mewah. Pernah lihat enggak saya pake mobil mewah, hahahaha,” kata Dhani. Ia mengaku hanya memiliki tiga mobil, yakni Toyota Alphard tahun 2003, Hummer H3m, dan Chrysler. Dhani malah menjelaskan bahwa dia telah melunasi tax amnesty pada awal 2016.(ash/woknet)

Komentar Anda