Beranda Ekonomi

Industri Keuangan Syariah Masih Kecil

BERBAGI

JAKARTA–Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, pertumbuhan industri perbankan syariah di Indonesia sudah luar biasa. Pada 2017, industri perbankan syariah terdiri atas 13 bank syariah penuh, 21 bank unit syariah, dan 167 bank perkreditan syariah dengan total aset lebih dari Rp375 triliun. Namun, menurut dia, industri keuangan syariah di Indonesia masih kecil.

”Aset ini menyumbang 5,34% dari total aset perbankan, yang masih tergolong kecil,” ujar Sri Mulyani dalam pada acara 2nd Annual Islamic Finance Conference (AIFC) 2017, (23/8) kemarin. Padahal, kata dia, Indonesia merupakan negara dengan populasi muslim terbesar di dunia.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini menuturkan, di industri nonperbankan sampai dengan 2017, kata Sri Mulyani, total aset pembiayaan syariah tumbuh 34% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sedangkan premi asuransi syariah tumbuh 3,68% pada Juni tahun ini dibandingkan dengan periode tertentu tahun lalu.

Di pasar modal, pangsa pasar sukuk yakni 21,16% atau setara dengan US$ 62,13 miliar dari total obligasi pemerintah. Lalu otal penerbitan sukuk perusahaan adalah Rp3,17 triliun yang setara dengan 7,9% dari total pasar obligasi korporasi di Indonesia. ”Saya percaya keuangan syariah akan memainkan peran yang lebih signifikan dalam mencapai agenda SDG,” katanya.(rah/net)

Komentar Anda