Beranda Metropolis

Remajakan Kulit dengan Stem Cell

BERBAGI

BOGOR–Masalah flek hitam di daerah pipi dan kulit kendur membuat perempuan merasa khawatir. Mereka pun mencoba berbagai cara untuk kembali menyempurnakan wajah. Salah satunya dengan menggunakan teknologi stem cell yang tengah booming saat ini.

Dokter Estetik di Renata Skin Care, Rina Damayanti, menuturkan bahwa stem cell lebih dari sekadar untuk kecantikan, melainkan juga kesehatan. “Beberapa penyakit dalam, semisalnya diabetes, bisa sembuh dengan stem cell. Tergantung kebutuhan dari pasien,” ujarnya.

Stem cell atau sel punca adalah jenis sel yang belum berdiferensiasi dan bisa berkembang menjadi berbagai macam jenis sel. Karena keunikannya, stem cell mampu mengganti sel-sel tubuh yang telah rusak. “Penerapannya diinjeksi. Tapi memang bagus dan hasilnya memuaskan, dalam 2-3 kali injeksi sudah terlihat dibandingkan jika setiap minggunya perawatan, harus kontrol, “ kata dia.

Sebelum menerapkan stem cell, sambung Rina, pasien terlebih dahulu harus diperiksa kesehatannya melalui pengecekan darah. Jika memang tidak ada masalah, stem cell yang digunakan khusus untuk meremajakan lagi kulit dengan mengaktifkan kembali sel-sel yang mati.

“Sejauh ini belum ada efek samping karena menggunakan teknologi mutakhir. Proses pembuatan stem cell-nya ini yang agak rumit, makanya agak mahal. Memperbaiki sel yang tua dan rusak,” urainya.

Untuk usia, menurut Rina, stem cell bisa diterapkan hingga mereka yang berada di usia lanjut. Namun memang beda peruntukannya, lebih kepada kesehatan. Meski begitu, sambung Rina, pola makan dan gaya hidup tetap harus diperhatikan. “Kalau stem cell memang belum banyak yang tahu, karenanya masih banyak yang merasa ragu dan takut. Tapi diyakinkan kalau stem cell aman dan halal,” tegasnya.(wil/c)

Komentar Anda