Beranda Female

Konsultasi sebelum Datang Keluhan

BERBAGI

Banyak pasien yang datang dengan keluhan seperti jerawat, komedo, jerawat besar berupa nodul sampai jerawat yang membuat scars atau lubang. Keluhan kedua, hiperpigmentasi, yang berawal ingin mencerahkan kulit tapi berakhir pada distribusi pigmen tidak merata dan memiliki banyak flek hitam.

Ketiga adalah aging seperti kerut. “Alangkah baiknya agar kita datang ke dokter sebelum memiliki kerusakan pada kulit. Jadi, pencegahan itu jauh lebih baik karena edukasi kulit yang baik harus dengan metode yang tepat,” tutur dr Kishanty Hardaningtyas.

Jika mengalami kerusakan pada kulit, segera ke dokter. “Dokter akan menghentikan pemakaian krim yang mengandung zat kimia tersebut dan mengganti krim yang memiliki antioksidan tinggi agar menggantikan efek whitening dengan antioksidan dan mengupayakan agar sel kulit kembali menjadi normal,” bebernya.

Dokter juga akan memberikan semua perawatan sesuai dengan kondisi kulit saat datang ke dokter. “Treatment, krim atau obat yang diberikan sesuai dengan kondisi pasien, tentu ada pengobatan dari luar. Pengobatan dari dalam dan tindakan penunjang lain seperti mikrodemabrasi, peeling, laser, dan sel terapi itu tergantung kepada kebutuhan dan modalitas layanan kesehatan yang ada,” tutur Kishanty.

Pemakaian krim akan berbahaya jika digunakan dalam jangka waktu lama. Maka itu, konsultasilah ke dokter karena dokter akan mengarahkan untuk mengatur cara pemakaian dan mengubah resep sesuai kondisi pasien.

Untuk menjaga kesehatan kulit secara alami, yang harus dilakukan adalah menjaga pola hidup dengan mengonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, meminum air mineral yang cukup, istirahat cukup, dan berolahraga. “Tips memilih krim adalah jangan sembarangan membeli krim kecantikan, jangan membeli krim tanpa menggunakan label atau krim yang hanya menggunakan stiker. Jika ingin membeli krim dengan golongan obat harus dengan resep dokter,” pungkasnya.(cr6/c)

Komentar Anda