25 radar bogor

Seperti F1 Ditabrak Truk Sampah, TNI Bantu Pencarian Sepuluh Pelaut AS

RUSAK: Kondisi kapal perang perusak rudal Angkatan Laut AS USS John S McCain setelah tabrakan, di perairan Singapura kemarin (21/8). Sumber: New York Times, The Straits Times
RUSAK: Kondisi kapal perang perusak rudal Angkatan Laut AS USS John S McCain setelah tabrakan, di perairan Singapura kemarin (21/8). Sumber: New York Times, The Straits Times

BANGKOK–Bagi Kirk Patterson, kapal destroyer bisa tertabrak oleh tanker merupakan kejadian yang sangat sulit dinalar. Pria yang pernah menyeberangi Pasifik sendirian dengan kapal layar itu menganalogikannya sebagai peristiwa ’’tertabraknya mobil Formula 1 (F1) oleh truk sampah’’.

’’Siapa yang paling mungkin menghindari tabrakan? Tentu saja mobil F1 yang dilengkapi peralatan canggih,’’ kata mantan dekan di Temple University Cabang Jepang itu kepada New York Times.

Analogi tersebut digunakan Patterson untuk menggambarkan betapa sulit dipahaminya tabrakan antara USS John S. McCain dengan Alnic MC. Tabrakan antara kapal Angkatan Laut (AL) Amerika Serikat (AS) dan tanker pengakut minyak serta bahan kimia berbendera Liberia itu terjadi kemarin pagi WIB (21/7) di perairan sebelah timur Selat Malaka. Sekitar 4,5 mil laut dari pesisir Malaysia.

Tabrakan tersebut meng­akibatkan 10 personel AL AS hilang dan lima lainnya terluka. Lima korban yang mengalami luka sudah dirawat di Singapura dan berkondisi baik. Salah seorang di antaranya bahkan tak perlu mendapat perawatan lebih lanjut.

Sementara itu, pencarian para korban hilang melibatkan empat negara, AS, Malaysia, Singapura, dan Indonesia. Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) IV Tanjungpinang mengerahkan dua kapal perang untuk tugas tersebut.

Insiden itu juga mengakibatkan kerusakan di lambung kanan USS John S. McCain. Tonase Alnic MC memang tiga kali lebih besar dari kapal perang AS yang tugas rutinnya berpatroli di Laut China Selatan tersebut.

”Kerusakan signifikan mengakibatkan air laut masuk ke beberapa bagian terdekat, termasuk ruang istirahat kru, ruang mesin, dan ruang komunikasi. Upaya perbaikan yang dilakukan kru kapal berhasil mencegah masuknya lebih banyak air laut.’’ Demikian pernyataan resmi AL AS sebagaimana dikutip USA Today.

Belum ada pernyataan resmi soal penyebab insiden itu. Tapi, petaka di Selat Malaka tersebut memicu banyak pertanyaan terkait dengan prosedur pelatihan dan pengamanan di lingkungan Armada Ke-7 AL AS yang berbasis di Yokosuka, Jepang. Sebab, kejadian itu hanya berselang dua bulan dari tabrakan antara USS Fitzgerald dan kapal kontainer Filipina di lepas pantai Jepang yang menewaskan tujuh pelaut AS. Januari lalu kapal lain yang masuk Armada Ke-7, USS Antietam, juga kandas sebelum berlabuh di Pelabuhan Tokyo.

Selat Malaka yang menghubungkan Samudra Hindia dengan Laut China Selatan memang dikenal sebagai jalur paling berbahaya di dunia. Selain sangat padat, wilayah perairannya tergolong sempit. Belum lagi ancaman bajak laut.

Sementara itu, berdasar laporan yang diterima Lantamal IV Tanjung Pinang, tabrakan tersebut terjadi Senin pagi, sekitar pukul 05.30 WIB. Setelah menerima laporan itu, Danlantamal IV Tanjung Pinang Laksamana Pertama TNI R. Eko Suyatno langsung berkoordinasi dengan Gugus Keamanan Laut Barat (Guskamlabar).

”Kami menurunkan KRI Cucut-886 dan KRI Parang-647,” ungkap Eko. Pihaknya juga mengerahkan patroli keamanan laut (patkamla) dan satu unit helikopter. ”Untuk membantu SAR melaksanakan pencarian korban,” terang Eko.

Selain prajurit TNI-AL, Malaysian Maritime Enforcement Agency (MMEA) dan Royal Malaysian Navy (RMN) juga terlibat dalam upaya pencarian para korban. Begitu pula Police Coast Guard (PCG) dan Royal Singapore Navy (RSN) dari Singapura. Plus AL AS. (byu/syn/c5/c11/ttg)