Beranda Metropolis

Penasaran Dengan Batik Bogor

BERBAGI
SERIUS: Para finalis Mojang dan Jajaka Kota Bogor tahun 2017 melihat cara pembuatan batik di Batik Tradisiku, kemarin (21/8). Nelvi Radar Bogor

BOGOR–Pemilihan Mojang Jajaka (Moka) Kota Bogor 2017 memasuki babak pembekalan wawasan budaya dan potensi Kota Hujan, kemarin (21/8). Bertajuk City Tour, sebanyak 100 finalis Moka 2017 diajak berkeliling ke sejumlah tempat wisata favorit Kota Bogor.

Mulai Etno Botani, Balai Kirti, Museum PETA, Batik Tradisiku, dan diakhiri outbound di The Jungle. Saat berkunjung ke Batik Tradisiku, finalis Mojang Jajaka begitu antusias mengikuti tiap sesi. Mulai pemaparan hingga melihat langsung proses pembuatan batik.

Kasi Promosi Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Eva Suminar mengatakan, City Tour menjadi tahapan verifikasi menyeleksi finalis menjadi 30 orang. Team work dan character building menjadi poin penilaian yang diharapkan terbangun saat program ini.

Menurut dia, tur keliling kota ini menjadi bagian melahirkan duta pariwisata yang bukan hanya mengandalkan fisik, melainkan juga behaviour.

Bagaimana para finalis bersosialisasi dengan rekan-rekannya. “City Tour tahun ini mungkin ada perubahan dari tempat-tempat yang dikunjungi. Dan tahun sebelumnya ada kunjungan ke Istana, tapi tahun ini cukup di Balai Kirti saja, sudah cukup mewakili,” kata Eva.

Dari 100 finalis, 67 di antaranya adalah mojang dan 33 sisanya jajaka. Tahun ini, kata Eva, kualitas Moka, dari segi background, karakteristik masih sama. Namun nantinya akan terus diasah, terutama soal etika dan sopan santun.

“Jadi, kita fokuskan di etika dan sopan santun. Kalau pendidikan, dari mereka ada yang kuliah di ITB hingga Un­pad. Yang terutama kita bangun dari segi etika agak susah, juga bagaimana mereka mengenal bahasa Sunda,” kata dia.

Rencananya, setelah program City Tour akan ada proses penjaringan finalis menuju 30 besar. Setelah tahapan itu selesai, baru masuk ke pendalaman finalis 30 besar. Mulai sesi foto, lalu ada Unjuk Kabisa, memperlihatkan masing-masing keahlian, dilanjutkan pemberian materi.

“Setelah tahapan 30 besar, nantinya akan dipilih enam pasang untuk kemudian diseleksi menjadi juara Moka 2017,” tuturnya.(wil/c)

Komentar Anda