Beranda Female

Komunitas MCB Geulis Ingin Perempuan Berkarya

BERBAGI
MCB Geulis

Di Bogor banyak komunitas yang bertujuan memajukan dan memperkaya Bogor dengan kegiatan-kegiatan kreatif dan menarik. Namun, tak banyak komunitas yang memiliki anggota ratusan ribu orang dan aktif dalam setiap kegiatan. Salah satunya Komunitas Masyarakat Cinta Bogor (MCB), di mana komunitas ini memiliki 140.000 anggota di grup Facebook dan 10.000 anggota yang aktif dalam setiap kegiatan.

Komunitas Masyarakat Cinta Bogor (MCB) terbentuk berawal dari berkumpulnya para alumni SMP 1 Bogor dan SMA 1 Bogor yang membentuk sebuah wadah untuk mencintai Bogor. Maka, terbentuklah sebuah komunitas Masyarakat Cinta Bogor pada 11 November 2011. Lalu, komunitas MCB membuat grup Facebook dan perkembangan keanggotaan komunitas MCB berjalan sangat pesat sampai sekarang.

Anggota di Facebook mencapai 140.000 orang. Komunitas MCB tidak hanya aktif di media sosial, juga sangat aktif di real life. Jumlah anggota real life Komunitas MCB mencapai 10.000 orang se-Bogor Raya.

Komunitas MCB merupakan organisasi sosial kemasyarakatan. Komunitas MCB memiliki visi dan misi yaitu mewujudkan masa keemasan Bogor sebagai kota budaya, pariwisata dan perdagangan, mengoptimalkan peran serta masyarakat dalam mewujudkan Kota Bogor yang tertib, indah, bersih dan nyaman serta mendukung kesuksesan program pemerintah.

MCB memiliki cakupan kegiatan pemberdayaan ekonomi masyarakat, gerakan antinarkoba, pendidikan, seni dan olahraga, investasi dan infrastruktur, juga kesehatan. Komunitas MCB memiliki berbagai divisi, di antaranya MCB Geulis, MCB Bersama, MCB Youth, MCB Sportif, MCB Peduli, MCB Lestari dan MCB Silat. Untuk kegiatan kewanitaan dibuat divisi khusus, yaitu MCB Geulis.

Untuk bergabung dengan Komunitas MCB ini tidak ada persyaratan khusus. Ketua Umum Komunitas MCB yaitu Bagus Karyanegara dan istrinya, yaitu Ira Bagus menjelaskan bahwa pengikat Komunitas MCB adalah mereka yang cinta terhadap Bogor. MCB tidak pernah membeda-bedakan ras, agama, pendidikan bahkan penghasilan, semua bisa bergabung.

Karena kegiatan mengenai kewanitaan banyak, maka dibentuk divisi MCB Geulis satu tahun kemudian dan sampai saat ini sudah mempunyai 100 anggota. MCB Geulis terbentuk untuk memberdayakan perempuan seperti memberikan pelajaran-pelajaran membuat keterampilan seperti membuat sabun, bunga, dan decoupage.

MCB Geulis ingin meningkatkan home industry, membuat perempuan mandiri dan membuat perempuan berkarya. “Kami memberikan pelatihan agar mereka bisa belajar dan berkarya. Jadi, para wanita yang sudah kami beri ilmu tersebut bisa memproduksi sendiri dan menambah penghasilan,” tutur Q Herniyanti selaku ketua Komunitas MCB Geulis.

MCB Geulis setiap bulan bertemu satu kali untuk menjalankan program yaitu pelatihan kepada masyarakat umum. MCB Geulis juga selalu berkontribusi mengikuti kegiatan-kegiatan MCB, karena pada dasarnya jika MCB mengadakan kegiatan maka semua divisi ikut berpartisipasi, intinya adalah MCB saling mendukung dan bekerja sama dengan setiap divisi.(cr6/c)

Komentar Anda