Beranda Berita Utama

City Siap Beli Messi Rp5,4 T

BERBAGI

BARCELONA–Jika ingin Lionel Messi bahagia, Presiden Barcelona Josep Maria Bartomeu harus mundur. Demikian pendapat Joan Laporta, mantan orang nomor satu Barca. Kekisruhan yang terjadi di klub Catalan, termasuk kepergian Neymar dan kegagalan membeli pemain bintang di bursa transfer menjadi alasan Laporta.

Di sisi lain, sepanjang akhir pekan ini, dunia maya heboh dengan kabar Manchester City bakal menggaet Lionel Messi dengan transfer senilai 300 juta pounds atau sekitar Rp5,4 triliun.

Lionel Messi disebut-sebut bakal segera hengkang ke Manchester City. Pasalnya, The Citizens siap membayar klausul pemutusan kontrak La Pulga yang ‘cuma’ 300 juta Euro. Dan jika sampai hal itu terjadi, maka Barcelona era ini benar-benar bakal dilanda kekacauan yang sangat besar.

Melihat gosip seperti ini, Joan Laporta, yang bertanggung jawab atas Barcelona antara tahun 2003 dan 2010, menggunakannya untuk kepentingan politik. Ia menyerang Josep Maria Bartomeu dengan kalimat sangat pedas di akun Twitter. “Jika kita ingin Messi bertahan dan bahagia di Barca, kita harus segera menendang Bartomeu,” ujarnya.

Tidak ada yang bisa memastikan apakah ucapan Laporta itu merujuk pada sudah hampir berhasilnya Manchester City menggaet Lionel Messi, atau sekadar ucapan berkoar ala dirinya yang memang sudah umum didengar. Pasalnya, bukan rahasia lagi, Laporta adalah musuh utama Sandro Rosell, mantan presiden Barca yang merupakan ‘antek’ Josep Maria Bartomeu.

Sebelumnya Messi juga sempat diisukan bakal angkat kaki dari Camp Nou. Selain City, sejumlah klub siap membayar klausul buy out La Pulga. Gosip itu mencuat setelah Messi diyakini gerah selalu dipojokkan dalam kasus investigasi pajak yang sedang dilakukan otoritas Spanyol.

Isu soal kemungkinan striker asal Argentina itu meninggalkan Barcelona mencuat setelah dia diinvestigasi karena masalah pajak. Pemain 28 tahun itu serta ayahnya, Jorge, diduga melakukan penggelapan pajak senilai 3,1 juta poundsterling (sekitar Rp64,648 miliar).

Menurut The Sun, tiga klub elite Inggris, yakni Manchester City, Manchester United, dan Chelsea sudah siap mengantre mendapatkan Messi. Bahkan, kabarnya ketiga klub tersebut sudah melakukan kontak dengan perwakilan Messi terkait kemungkinan melakukan transfer pada bursa transfer musim panas 2016.

City, Chelsea, dan MU butuh banyak dana untuk bisa memboyong Messi. Maklum, kontrak Messi bersama Barca baru akan berakhir pada Juni 2018.
Hengkangnya Neymar ke Paris Saint-Germain, diduga membuat Messi semakin tidak betah di Barca. Ia diprediksi bakal mengalami kesulitan karena penggawa timnas Brasil itu memiliki andil besar terhadap gol-golnya.

Presiden Real Madrid, Florentino Perez sudah memprediksi tim Catalan bakal terus mengalami masalah terkait performa mereka. Disebutkan bahwa sang presiden juga yakin performa Messi akan langsung mengalami penurunan begitu Neymar dipastikan hengkang.

“Kepergian kawan dekatnya akan memengaruhi performanya di atas lapangan. Sebelumnya, Xavi sudah pergi dan Andres Iniesta menunjukkan tanda-tanda penurunan, dan hal ini membuat Messi tak lagi dikelilingi pemain top di Barca,” ujarnya.(rur)

Komentar Anda