Beranda Metropolis

Bentengi Humas dari Berita Hoax

BERBAGI

BOGOR–Menyikapi semakin masifnya perkembangan media online dan media sosial (medsos), Perhumas Kota Bogor menggelar pelatihan di Hotel Permata, Jalan Pajajaran, Kota Bogor, kemarin (21/8).

Para peserta pelatihan mayoritas berasal dari organisasi perangkat daerah (OPD), badan usaha milik daerah (BUMD) serta jajaran samping seperti dari TNI/Polri hingga kalangan swasta yang memang memiliki tugas pokok dan fungsi (tupoksi) di bidang kehumasan. Dengan mengha­dirkan tiga narasumber dan dibuka oleh Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Bogor, Arif Mustofa Budiman.

Arif menuturkan, saat ini masyarakat lebih mudah memperoleh informasi hoax (bohong) meski belum tentu kebenarannya. Baik itu melalui media online maupun media sosial. Meski demikian, diperlukan kejelian dari para humas.

“Karena di dalam mengelola informasi ini sangat diperlukan kejelian. Selain tentunya peran dari humas, khususnya yang ada di OPD maupun BUMD ini, pasti akan berhubungan dengan media massa, baik dalam penyampaian informasi ataupun kerja sama,” papar Arif.

Selain informasi ini harus benar dan dapat dipertang­gungjawabkan, lanjutnya, regulasi mengenai media massa terutama media online ini harus dapat diketahui dan dipahami dengan baik. “Nanti soal regulasi dan hal-hal teknis lainnya itulah yang akan disampaikan narasumber kepada para peserta,” imbuhnya. Dalam kegiatan tersebut, hadir Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan Bayu Sugarda.(wil/*)

SERIUS: Para Humas se-Kota Bogor berkumpul di Hotel Permata untuk mengikuti pelatihan tentang penggunaan media sosial dan media online, kemarin (21/8).

Komentar Anda