Beranda Politik

SMP Kosgoro Pilih Ketua OSIS

BERBAGI

AYO PILIH: Lima calon kandidat ketua OSIS dari SMP Kosgoro saat akan mempresentasikan visi-misinya di hadapan warga sekolah.

BOGOR–SMP Kosgoro menga­dakan pemilihan ketua OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) untuk masa jabatan 2017/2018. Menjalani tahun ajaran baru sekarang, sekolah-sekolah melakukan pergantian ketua OSIS, begitu juga SMP Kosgoro. Jumlah bakal calon yang dipilih yaitu lima orang yang semuanya terdiri dari siswa kelas 8, Abaraham Panjalu I. B., Aji Susilo, Amelia, Farhan Widianto, dan Fatia Ramadania.

Kelima bakal calon tersebut diseleksi panitia demisioner melalui penilaian para guru. ”Mereka harus memenuhi beberapa syarat, yang pasti tidak pernah terlibat masalah di dalam maupun luar sekolah, sehingga dapat menjadi teladan bagi siswa lainnya. Syarat lain­nya, mereka harus mem­punya visi-misi yang baik, serta bukan siswa yang duduk di kelas 9,” tutur Erwin Misbahudin, selaku kemaha­siswaan di SMP Kosgoro.

Erwin menjelaskan bahwa pemilihan bakal calon ketua OSIS di SMP Kosgoro melalui beberapa teknis yang berlangsung selama sepekan.

”Pertama, dilakukan laporan pertanggungjawaban dari OSIS masa jabatan sebelumnya, lalu selanjutnya dibentuk panitia demisioner, lalu seleksi bakal calon ketua osis. Bakal calon yang terpilih selanjutnya kampanye dan sosialisasi ke setiap kelas untuk melatih mental mereka sekaligus memperke­nalkan diri ke warga sekolah. Setelah itu ada hari tenang, dan sekarang pemilihannya,” jelasnya.

Menuru Erwin, terdapat perbedaan teknis dari pemilihan tahun lalu. Tahun lalu, panitia demisioner keliling ke kelas-kelas untuk mengumpulkan suara para siswa, sedangkan tahun ini siswa setiap kelas dipanggil bergantian untuk menentukan suara pilihan mereka di bilik suara yang telah disiapkan panitia, dan kegiatan belajar mengajar tetap bisa berlangsung.

Kepala SMP Kosgoro Abdullah me­nuturkan harapannya ter­hadap ketua OSIS terpilih. ”Saya berharap ketua OSIS yang baru bisa membuat program OSIS yang baik dan terlaksana, mampu berkomunikasi dengan baik, jujur, dan bisa aktif di FK OSIS Kota Bogor,” tuturnya.(cr1/ran/c)

 

Komentar Anda