Beranda Berita Utama

Koran Malaysia Ikut Balik Merah Putih

BERBAGI

KUALA LUMPUR–Opening ceremony SEA Games 2017 menyisakan polemik. Ini setelah muncul kasus bendera Merah Putih yang tercetak terbalik di majalah suvenir spesial yang diedarkan Masoc (panitia penyeleng­gara SEA Games 2017).

Tak cukup sampai di situ, di dalam majalah yang diedarkan secara bebas menjelang upacara pembukaan di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu malam lalu (19/8) juga memuat informasi salah yang cukup fatal. Pada halaman 40 ada kesalahan bendera yang melibatkan Indonesia.

Informasi klasemen umum SEA Games Indonesia 2011 lalu memang tercetak nama Indonesia dengan raihan 182 emas, 151 perak, dan 145 perunggu. Namun, bendera yang berada di samping nama Indonesia adalah bendera Thailand. Sebaliknya bendera Indonesia ditempatkan di samping nama Thailand pada klasemen umum.

Tak cuma di buku panduan SEA Games, gambar bendera Indonesia terbalik ternyata juga tercetak di koran Malaysia. Bendera Indonesia tercetak putih-merah, bukan merah-putih di artikel berjudul Mencari Jagoan.

Insiden tersebut sempat membuat situasi memanas. Bahkan, Menpora Imam Nahrawi pun mencuit di akun Twitter-nya sesaat setelah acara berlangsung. Pemerintah Malaysia merespons cepat agar kasus tersebut tidak meluas.

Bertempat di Hotel Shangrri-La Kuala Lumpur, Imam didampingi Erick Thohir (Ketua KOI) dan Aziz Syamsuddin (CdM Indonesia) melakukan pertemuan dengan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin. Hasilnya, permintaan maaf secara lisan dan tertulis disampaikan pria yang karib disapa KJ tersebut.

“Ini suatu kesalahan yang besar dan saya sebagai pihak tuan rumah telah memohon maaf kepada Pak Imam selaku menpora dan memhon maaf pada seluruh rakyat Indonesia,” beber KJ. Di tempat yang sama, Imam mengatakan bahwa peristiwa tersebut  menyisakan pelajaran besar.(jun/lum/nap)

Komentar Anda