Beranda Metropolis

Empang–Pasir Kuda Satu Arah

BERBAGI

BOGOR–Bagi para pengen­dara yang hendak melintas ke jalur Empang hingga Pasir Kuda, Kecamatan Bogor Barat, sebaiknya memikirkan alter­natif jalan lain. Pasalnya, mulai kema­rin malam (20/8) dilaku­kan perbaikan jalan berupa betoni­sasi. Rencananya, pem­ba­ngunan tersebut akan ber­ang­sur hingga tiga bulan ke depan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polresta Bogor Kota, Kompol Bramastyo Priaji, menyarankan para pengendara menggunakan jalur alternatif selama tiga bulan ke depan. “Ada banyak jalur yang bisa digunakan sebagai pengganti. Lewat Gunung Batu, Jalan Veteran, Jalan Perintis Kemerdekaan,” ujarnya kepada Radar Bogor, kemarin (20/8).

Selama proyek betonisasi ini, pihaknya memberlakukan beberapa rekayasa lalu lintas di sekitar lokasi. Antara lain, pukul 06.00–09.00 berlaku sistem satu arah (SSA) dari Pasir Kuda ke Empang. Sedangkan pada pukul 16.00–20.00 berlaku SSA dari Empang ke Pasir Kuda. “Pemberlakuan sistem satu arah untuk kendaraan roda empat atau lebih,” katanya.

Terpisah, Kepala Bidang Pembangunan dan Kebina­mar­ga­an Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Bogor Wawan Gunawan menga­takan, pembangunan tersebut akan berjalan mulai 20 Agustus hingga 30 November. “Kita target 30 November sudah selesai. Mudah-mu­dahan bisa lebih cepat selesai. Karena di sana jalur macet, jadi perlu penanganan lebih cepat,” ujarnya.

Pembangunan yang menelan anggaran Rp4,3 miliar itu dimulai dari titik Empang, kemudian berangsur hingga Pasir Kuda. Untuk meminima­lisasi kemacetan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Satlantas Polresta Bogor Kota dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor.

Selain itu, pihaknya juga membuatkan spanduk dan pernik lainnya sebagai media informasi kepada masyarakat. “Sosialisasi sudah kami lakukan jauh-jauh hari. Spanduk juga sudah dibikin, dengan kepolisian juga koordinasi terus. Satu ruas dulu, biar ruas satunya masih bisa digunakan. Kalaupun crowded, akan ada pengalihan,” tandasnya.(rp1/c)

Komentar Anda