Beranda Nasional

Ziarah ke Makam Bung Karno sambil Wisata Kuliner

BERBAGI

Pekan ini, mari kita mengeksplorasi hal-hal yang berkaitan dengan kemerdekaan Indonesia. Dimulai dari Blitar ya, kota tempat makam salah seorang proklamator kita, Bung Karno. Kalau mau ziarah, inilah momen yang tepat sekalian mengenang kebesaran beliau. Nah, habis ziarah, mari keliling kota, banyak kuliner yummy. Murah pula!

MENCARI makan atau camilan di Blitar adalah hal yang paling bikin senang. Sebab, jujukan wisata kuliner di sana terbilang melimpah. Harganya pun bersahabat. Tidak sampai Rp30 ribu per orang, sudah bisa makan kenyang.

Salah satu ikon kuliner Blitar, baik di kota maupun kabupatennya, adalah pecel. Cita rasanya beda dengan pecel dari Madiun atau Kediri. Di sini banyak banget pedagang pecel. Bahkan, ada yang buka cabang hingga lebih dari tiga.

’’Meski sama-sama bakulan pecel, yang bikin beda itu bumbunya. Ada yang jeruk purutnya kenceng, ada yang kencurnya terasa,’’ kata Asri, pramusaji di Warung Pecel Mbok Bari.

Selain pecel, Blitar dikenal dengan makanan berlauk iwak kali alias ikan sungai. Mulai yang kelas imut seperti uceng sampai yang agak gede seperti mujair. Biasanya, ikan sungai itu digoreng kering hingga crispy saat disantap. Saking melimpahnya ikan di sana, pembeli biasanya mendapatkan lauk menggunung.

’’Wong ikannya tinggal nyeser, ya nggak mahal. Ambil sepiring buat gadon (dimakan tanpa nasi, red) juga nggak apa-apa. Kalau ambil dua–tiga, ya mpun mbayar (tidak usah bayar),’’ ujar Supiati, pemilik Warung Mak Ti.

Selain main course, Blitar punya dessert yang oke. Yakni, es dawet dengan pleret dan serabi. Rupa pleret bisa dibilang mirip klepon, tetapi tanpa isi. Bedanya, kalau klepon kenyal, pleret lebih padat karena berbahan tepung beras. Idem dengan serabinya. ’’Natanya harus urut. Gula merah, serabi atau pleret, dawet, terus santan. Biar isinya kerendem dan manis,’’ tutur Rani, seorang penjual pleret.

Kalau ingin menjajal, coba saja ke Alun-Alun Kota Blitar atau Kebon Rojo. Menemukan lokasi-lokasi wisata kuliner di Blitar tidak terlalu sulit karena rata-rata sudah masuk Google Maps. Tinggal cari yang sesuai deng selera dan terdekat dari lokasi.(fam/c14/na)

Komentar Anda