Beranda Berita Utama

Merah Putih Terbalik di Sea Games

BERBAGI
MERIAH: Pesta kembang api mewarnai opening ceremony Sea Games XXIX Kuala Lumpur, Malaysia, tadi malam (19/8).

MALAYSIA–Di tengah kemeriahan pesta pembukaan SEA Games 2017, Indonesia dibuat kecewa. Penyebabnya, bendera Indonesia yang ada di buku panduan Sea Games 2017 terpasang terbalik. Insiden tersebut menjadi viral.

Awalnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi mengungkapkan kekecewaannya pada akun Twitter. “Pembukaan #SEAgame2017 yang bagus tapi tercederai dengan keteledoran fatal yang amat menyakitkan. Bendera kita….Merah Putih. Astaghfirullaah,” tulis Imam dalam Twitter pribadinya.

Insiden ini terjadi pada buku suvenir yang diberikan kepada para pengunjung pembukaan SEA Games 2017. Bendera Indonesia sejatinya merah-putih, malah dipasang terbalik. Sedangkan bendera negara-negara lain terpasang dengan benar.

Imam mengaku kecewa dan menilai ini adalah kesalahan fatal pemerintah Malaysia. “Sangat teledor, kita sangat kecewa, kecewa sekali. Padahal ini acara yang sangat meriah. Kita merindukan kebersamaan yang luar biasa di antara sahabat se-ASEAN,” kata Imam.

Insiden tersebut terbalik menurut Imam tidak boleh dibiarkan terulang lagi. Terlebih acara yang sangat terbuka ditonton oleh jutaan orang. “Kami menyesalkan peristiwa ini,” tegasnya.

Pantauan Radar Bogor, di Twitter #ShameOnYouMalaysia menjadi trending topic tadi malam. Netizen ramai-ramai mengecam tindakan Malaysia.

“Makin-makin emang kelakuan Malaysia ini. #ShameOnYouMalaysia,” tulis akun SuporterFC.

“Kesalahan yang amat fatal!! Sayang sekali, event sebesar Sea Games ternodai oleh hal yang kaya begini #ShameOnYouMalaysia,” tulis netizen lainnya, RizalNurohman.

Akun AJGAB juga menulis komentar, “Kalian boleh membalikkan bendera negara kalian sendiri, tapi tidak dengan membalikkan bendera negara kami.”
Sementara itu, atlet Indonesia diminta tidak terprovokasi insiden bendera terbalik di buku suvenir SEA Games 2017. Para atlet diharapkan fokus bawa nama besar Indonesia. “Kepada atlet diminta tidak terganggu apa pun bentuk provokasinya, karena harus tetap fokus pada prestasi,” kata Sekretaris Menpora, Gatot S Dewa Broto.

Menurutnya, hal itu adalah urusan dari pihak lain. Indonesia sendiri akan melancarkan protes keras ke pihak penyelenggara. “Biarkan urusan politis itu diselesaikan sesuai prosedur pimpinan kontingen dan KBRI. Kami yakin baik Bu Puan Maharani (Menko PMK) dan Pak Imam Nahrawi (Menpora) tentu bijaksana dalam menyelesaikannya,” tuturnya.

Sementara itu, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin buka suara terkait bendera Indonesia terbalik. Dia meminta maaf kepada masyarakat Indonesia. “Bapak Imam, mohon maaf untuk itu. Sesungguhnya tak ada maksud jahat. Saya sangat kesal dengan kesalahan ini, mohon maaf,” tulis Khairy membalas unggahan Imam.

Sementara itu pembukaan SEA Games 2017 meriah meski diwarnai hujan deras. Aksi-aksi marching band dan diwarnai becak lampu. Acara dibuka disc jockey (DJ) diikuti penampilan marching band dari anak-anak sekolah, tadi malam (19/8).

Setelah lagu kebangsaan Malaysia, acara penyambutan atlet dimulai. Brunei Darussalam muncul pertama kali disusul oleh Kamboja. Indonesia muncul di urutan ketiga. Namun, baju adat tak jadi ditampilkan untuk seluruh negara.

Berturut-turut yang tampil adalah Laos, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Timor Leste, Vietnam, dan tuan rumah Malaysia muncul paling akhir. Setelah kontingen diperkenalkan, penonton dihibur suara Dayang Nurfaizah.

Acara dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dan sumpah atlet dan para wasit. Setelah itu, Raja Malaysia Sultan Muhammad V menyatakan SEA Games 2017 dibuka. Penonton disuguhi tari-tarian, aksi para pria berkuda, pertunjukan kapal, aksi perkusi, atraksi obor hingga pembukaan kemudian ditutup dengan kembang api.(ies/jpc)

Komentar Anda