Beranda Berita Utama

PLN Jabar Selamatkan Rp93 Miliar

BERBAGI

BOGOR–PLN Distribusi Jawa Barat mengintensifkan peker­jaan dalam keadaan bertegangan (PDKB). Itu dilakukan untuk pemeliharaan tanpa mengurangi kenyamanan pelanggan. Bahkan pada 2016 lalu, PLN Distribusi Jawa Barat menyelamatkan 92.986.508 kWh atau setara dengan Rp93 miliar.

General Manager PLN Distribusi Jawa Barat Iwan Purwana mengatakan, dalam rangkaian peringatan HUT ke-72 Indonesia, kemarin (15/8) pihaknya melakukan pemeliharaan jaringan serentak yang dilakukan tim pekerjaan dalam keadaan bertegangan tegangan menengah (PDKB-TM).

Kegiatan bertajuk “Bakti PDKB untuk Negeri” ini dipusatkan di Situraja Area Sumedang. Sebanyak 15 tim PDKB-TM dari 15 area di wilayah kerja PLN Distribusi Jawa Barat melakukan pemeliharaan jaringan secara serentak di 28 titik lokasi.

“Sepanjang Januari hingga Juli 2017, kami menyelamatkan 26.441.753 kWh atau setara dengan Rp27 miliar dari kegiatan pemeliharaan jaringan listrik bertegangan 20.000 volt tanpa melakukan pemadaman dengan total 3.731 titik lokasi,” kata Iwan dalam rilis yang diterima Radar Bogor.

Menurut Iwan, dengan pemeliharaan SUTM 20.000 volt tanpa pemadaman, maka pasokan tenaga listrik pada jaringan tetap terjaga dan pelanggan PLN tetap dapat memanfaatkan tenaga listrik.

”Aktivitas PDKB ini memberikan banyak keuntungan, baik bagi PLN maupun pelanggan. Kami berupaya meningkatkan kualitas pelayanan PDKB, salah satunya dengan peluncuran aplikasi SIMPDKB,” ujarnya.

Peluncuran aplikasi berbasis website SIMPDKB atau Sistem Infromasi dan Manajemen PDKB ini, diakui Iwan, bertujuan untuk mempermudah proses pengajuan pekerjaan dari unit/rayon kepada tim PDKB. Aplikasi ini diharapkan mampu mengakomodir keseluruhan proses bisnis dan administrasi PDKB di Jawa Barat.

“Dengan aplikasi ini, proses pengajuan pekerjaan dengan PDKB menjadi lebih cepat dan kinerja tim PDKB lebih mudah dimonitor sehingga pemeliharaan tanpa padam bisa lebih sering,” bebernya.(*/rah)

Komentar Anda