Beranda Metropolis

Meriahkan Kemerdekaan Bersama Festival Cinta Tanah Air

BERBAGI

BOGOR–Untuk kali pertama Festival Cinta Tanah Air akan dihelat di Kota Bogor. Kegiatan untuk menyemarakkan HUT ke-72 RI ini, akan berpusat di Yayasan Islamic Center (YIC) Al Ghazaly Bogor, dan rencananya dilakukan secara maraton, mulai Sabtu hingga Minggu (19–20/8) mendatang.

Direktur Lembaga Pendidikan Seni Nusantara (LPSN) Endo Suanda menuturkan, Festival Cinta Tanah Air adalah momen untuk merayakan kemerdekaan ke-72 RI dengan cara yang lebih ekspresif. Yaitu, menunjukkan keindonesiaan melalui pameran dan seni pertunjukan.

“Di event ini akan ditampil­kan berbagai jenis kesenian. Mulai musik, teater, puisi hingga mem­presentasikan ke­raga­man budaya, etnis, bahkan keperca­yaan,” ujar­nya kepada Radar Bogor.

Dalam kegiatan tersebut, pihaknya akan menampilkan kesenian khas nusantara. Mulai dari kesenian Sunda, Tiongkok, Arab, dan lainnya.
“Ada padu padan kesenian tradisional hingga modern. Kami juga mengadakan workshop,” kata Endo.

Workshop yang digelar pun bersifat kekinian. Seperti, belajar membuat sketsa hingga foto­grafi. Harapannya, anak-anak tidak hanya sekadar tahu, tapi juga bisa belajar dengan mereka yang ahli di bidangnya.

“Artinya, materi yang diberikan kepada anak-anak akan berbeda dengan teknik menggambar yang diajarkan guru. Sehingga kita memberi masukan baru, pengalaman baru kepada anak-anak. Untuk target, kami me­ngun­dang dari sekolah lainnya juga, tidak hanya dari santri Al Ghazaly,” bebernya.

Lebih lanjut Endo mengatakan, bagi yang ingin bergabung, khusus bagian penampil sudah hampir penuh. Itu berarti event ini antusiasmenya sangat tinggi. Jika demikian, bisa dilihat bahwa event yang mengangkat tema keragaman dan cinta tanah air akan membuat orang semua orang peduli.(wil/c)

Komentar Anda