Beranda Olahraga Kickers

Kemenangan El Real Berbuah Petaka

BERBAGI
BUKTIKAN DIRI: Cristiano Ronaldo melepaskan bola di bawah kawalan dua pemain Barcelona

BARCELONA–Real Madrid berhasil membungkam tuan rumah Barcelona pada leg Pertama Piala Super Spanyol 2017, Senin (14/8) dini hari WIB. Bermain di Camp Nou, Los Merengues menang dengan skor 3-1.

Hanya saja, Madrid harus membayar mahal. Pasalnya, Cristiano Ronaldo tak akan bermain saat giliran menjadi tuan rumah pada leg kedua di Santiago Bernabeu, Rabu (16/8) atau Kamis (17/8) dini hari WIB. Bintang Portugal itu mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah di Camp Nou.

Tampil di Camp Nou, Pelatih Madrid, Zinedine Zidana tak memainkan Ronaldo sebagai starter. Lini depan diisi Gareth Bale, Karim Benzema, dan sokongan dari Isco. Zidane memilih menggunakan formasi 4-3-1-2 dengan Benzema dan Bale berduet di depan.

Sementara itu, Barcelona menurunkan trio MSD di lini depan yakni (Lionel) Messi, (Luis) Suarez, dan (Gerard) Deulofeu. Blaugrana tetap garang meski tak lagi diperkuat Neymar.

Laga sejak awal memang berlangsung sengit. Barcelona dan Madrid saling jual beli serangan di babak pertama. Namun, tak ada gol yang tercipta. Babak pertama berakhir dengan skor kacamata alias 0-0.

Laga penuh drama baru tersaji di babak kedua. Madrid unggul lebih dahulu pada menit 50 lewat bunuh diri Gerard Pique. Madrid memimpin 1-0.
Upaya Barcelona untuk menyamakan kedudukan akhirnya membuahkan hasil. Keylor Navas melakukan pelanggaran terhadap Suarez di area terlarang dan membuat wasit memberikan penalti untuk Barcelona.

Tiga menit kemudian Madrid kembali unggul menjadi 2-1. Ronaldo yang baru masuk di menit 58, menggantikan Benzema, berhasil mencetak gol lewat serangan balik usai menerima umpan dari Isco.

Ronaldo terlihat emosional sehingga melakukan selebrasi dengan melepas kausnya. Dia mengangkat kaos dan menunjukkannya ke arah fans. Tak ayal, wasit membe­rikan dia kartu kuning.

Drama pun terjadi. Kerugian besar diterima Madrid. Hanya selang dua menit usai men­cetak gol, Ronaldo mendapat kartu kuning kedua alias kartu merah, tepatnya menit 82. Wasit menganggap Ronaldo telah mela­kukan diving atau berpura-pura jatuh di kotak penalti Barcelona.

Bermain dengan 10 pemain, Madrid justru mampu menjauh. Marco Asensio yang menggantikan Mateo Kovacic pada menit 68 mampu membawa Madrid unggul 3-1.
Pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane senang timnya meraih kemenangan. Tapi, dia meradang terkait keputusan wasit Ricardo De Burgos Bengoetxea yang memberikan kartu kuning kedua untuk Cristiano Ronaldo.

“Saya tak mau mengomentari kinerja wasit. Kami tampil baik dan saya rasa layak menang. Saya hanya terganggu kartu kuning kedua yang diterima Ronaldo. Saya sepakat bukan penalti, tapi kartu kuning kedua itu terlalu berlebihan,” sebut Zidane seperti dilansir Football Espana.

Sementara, entrenador Barcelona Ernesto Valverdemengaku peluang timnya untuk menjuarai Piala Super Spanyol sangat berat, meski kans itu masih ada.

“Mereka mencetak tiga gol di sini. Secara permainan kami bagus dan banyak peluang. Namun mereka menangkap kami dengan satu gol ajaib dan satu gol lagi untuk mem­buatnya menjadi 3-1. Gol kedua mereka sangat menyakitkan,” kata Valverde seperti dikutip dari Marca.(jpg)

Komentar Anda