Beranda Berita Utama

Godok Generasi Ksatria Khatulistiwa

BERBAGI
SEMARAK : Ribuan mahasiswa IPB mengikuti MPKMB di kampus Dramaga, kemarin (14/8).

BOGOR-Masa pengenalan kampus mahasiswa baru (MPKMB) Institut Pertanian Bogor (IPB) dimulai. Sebanyak 3.975 mahasiswa baru angkatan 54 mengikuti kegiatan yang dibuka Rektor IPB Prof Herry Suhardiyanto di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus IPB Dramaga. Kali ini, MPKMB bertemakan Ksatria Khatulistiwa.

“Generasi Ksatria Khatulistiwa adalah generasi pemimpin sejati yang berguna bagi lingkungannya dan mempunyai jiwa pemberani, penerima yang dapat memimpin negeri ini seluas khatulistiwa,” ujar Herry di hadapan ribuan peserta MPKMB.

Menurut Herry, mahasiswa baru IPB harus mampu mewujudkan kemajuan pertanian dan kesejahteraan petani di Indonesia dengan menanamkan rasa cinta pertanian dan cinta tanah air pada diri sendiri maupun orang lain.

Usai membuka MPKMB, Herry menyampaikan kuliah umum tentang pentingnya pangan dan pertanian bagi ketahanan suatu bangsa. “Kampus inovasi adalah julukan yang disematkan pada IPB. Ini tidak dapat dimungkiri karena IPB merupakan kampus yang mencetak inovasi paling banyak di antara kampus-kampus lainnya,” jelasnya. Herry lalu mengenalkan inovasi yang digagas setiap fakultas di IPB.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan yang hadir memberikan materi tentang ”Pengenalan Dinamika Kehidupan di Jawa Barat”. Menurut pria yang disapa Aher itu, mahasiswa IPB harus dapat membangun bidang pertanian Indonesia agar dapat menjadi pilar utama dalam pembangunan nasional.

“Setelah lulus dari IPB semoga dapat membangun dan menyelesaikan kemiskinan, mengatasi pengangguran. Dan semua jenis pembangunan harus berhasil menghadirkan kelestarian lingkungan,” ujarnya. Hadir pula Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi yang menyampaikan materi ”Kontribusi Nyata untuk Melawan Ancaman Terhadap NKRI”.(*/rah)

Komentar Anda