Beranda Mimbar Bebas

Bangga Jadi Anak Pramuka

BERBAGI
SEMANGAT: Ratusan anak pramuka Kota Bogor meramaikan pawai obor yang dilaksanakan di Jalan Juanda, Minggu malam (13/8).

BOGOR–Peringatan HUT ke-56 Pramuka diperingati secara meriah di Kota Bogor, Minggu malam (13/8). Ratusan anak-anak maupun orang dewasa menggunakan seragam pramuka turun ke jalan. Masing-masing menggunakan obor dan serentak melakukan pawai dari Jalan Juanda, menuju Jalan Jalak Harupat dan finis di Jalan Papandayan, tepatnya di Sekretariat Kwarcab Kota Bogor.

Koordinator pawai obor Endang Suhandi menyampaikan, membangun semangat pramuka menjadi tujuan utama dari penyelenggaran pawai obor yang dilakukan ratusan anggota pramuka dari penggalang, penegak hingga pembina. “Pawai obor ini dalam rangka memeriahkan HUT ke-56 Pramuka yang sudah rutin dilakukan Kwarcab Pramuka Kota Bogor selama tiga kali berturut-turut sejak 2015 lalu,” kata Endang.

Seusai pawai, ratusan peserta pun secara serentak mengucap ulang janji Tri Satya dan Dasa Dharma Pramuka. Tujuannya, tak lain untuk saling mengingatkan, mengamalkan, dan menjalankan isi Tri Satya. “Di HUT Pramuka ini juga untuk pertama kalinya upacara digelar secara menyebar di masing-masing ranting di enam kecamatan,” kata dia.

Penyebaran upacara di setiap kecamatan, kata dia, agar di setiap ranting dapat merasakan keberadaan pramuka. Seusai upacara, anggota pramuka dari siaga, penggalang, penegak hingga pembina menunjukkan atraksi keterampilan kepramukaan serta kegiatan hiburan lainnya. “Di berbagai ranting juga ada yang menggelar kegiatan tanam pohon dan biopori. Harapan kami, tentunya ingin pramuka tetap eksis serta keberadaannya dapat dirasakan dan terlihat hasilnya,” terangnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan, pawai obor ini sekaligus mengingatkan kalau pramuka sebagai organisasi yang mampu memberikan nuansa baik bagi generasi muda serta mampu menguatkan rasa nasionalisme.

Pembacaan ulang janji Tri Satya Pramuka dilakukan agar anggota pramuka terus diingatkan secara pribadi untuk menjadi lentera, menjadi penegak kebaikan generasi muda. “Mudah-mudahan, pawai dan ulang janji ini dapat menambah motivasi dalam rangka mengamalkan Dasa Dharma Pramuka,” imbuhnya.(wil/c)

Komentar Anda