Beranda Pendidikan

TP4 SMK Kosgoro Launching Studio Baru

BERBAGI
KOMPAK: Tim penggarap talkshow yang disiarkan secara livestreaming melalui Youtube, foto bersama kepala sekolah dan ketua yayasan usai acara. KOSGORO FOR RADAR BOGOR

BOGOR–Siswa SMK Kosgoro jurusan Teknik Produksi dan Program Penyiaran Pertelevisian (TP4) menyiarkan talkshow secara live streaming di Youtube. Kegiatan ini pun menjadi momentum mereka dalam me-launching studio baru.

Shabrina Munifah, guru produksi TP4, menerangkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari praktik para siswa. Kegiatan dilakukan sebagai bagian dari latihan bagi para siswa untuk mengembangkan kemampuan mereka secara praktikal. “Karena secara teori mereka sudah mendapatkannya di ruang kelas. Kegiatan ini juga sekaligus untuk uji alat di studio baru sebagai tempat praktik para siswa,” tuturnya.

Shabrina menjelaskan, talkshow tersebut dinamai Ngopi (Ngobrol Pintar) yang berisi tentang pembicaraan dengan narasumber mengenai informasi di dunia pendidikan yang dikemas dengan suasana obrolan santai.

Obrolan mengenai informasi pen­didikan yang pertama ditayang­kan mengangkat topik seputar Kosgoro dengan nara­sumber Widiyanto Dwi Surya, selaku ketua Yayasan Kosgoro dan Asep Mulyana, selaku kepala SMK Kosgoro.

“Bersama ketua Yayasan Kosgoro, talkshow berisi cerita ketua yayasan yang merupakan wirausahawan juga memegang yayasan pendidikan. Sedangkan bersama kepala sekolah, talkshow tentang informasi perkembangan sekolah,” beber Shabrina kepada Radar Bogor.

Ia menambahkan, tim yang mengerjakan kegiatan talkshow berjumlah 40 orang, terdiri dari siswa TP4 yang dibagi tugas sebagai switcher, penulis naskah dan peran lainnya. Siswa yang termasuk tim tersebut didominasi siswa kelas 12.

Mereka, lanjut Shabrina, meng­habiskan waktu selama sepekan untuk mempersiapkan program talkshow. Persiapan terdiri dari riset dan pembuatan videotape. Menurut para siswa, persiapan penyiaran talkshow ini menguras tenaga, mental, dan uang.

Di tempat yang sama, Kepala SMK Kosgoro, Asep Mulyana sangat berharap kegiatan ini dapat terus berlanjut dan dapat diresmikan oleh salah satu stasiun televisi.

“Semoga sarana yang ada bisa mendukung siswa jurusan TP4 agar lebih maksimal dalam membuat orogfam-orogfam yang berhubungan dengan industri pertelevisian. Saya sangat bangga dengan adanya kegiatan ini, karena semua dapat terlaksana berkat para guru dan anak didik,” ungkapnya.

Kebanggaan pun dirasakan Widiyanto Dwi Surya, selaku ketua Yayasan Kosgoro. Dia berharap nantinya program Ngopi ini dapat berjalan setiap bulan dengan topik dan narasumber yang berberda. Di balik kebang­gaannya tersebut, Widiyanto menuturkan, komentarnya terhadap penayangan program Ngopi tersebut untuk pertama kalinya.(ran/cr1/c)

Komentar Anda