Beranda Metropolis

Sulap Limbah Kayu Jadi Karya Seni

BERBAGI
KREATIF: Divkie Triansyah berkreasi dengan lukisan kayu.

Aktivitas melukis jamaknya selalu dilakukan di atas kanvas. Tapi seiring dengan peningkatan kreativitas para seniman, aktivitas melukis juga bisa dilakukan di atas banyak media lain. Salah satunya yang mulai populer adalah melukis di atas kayu. Hal itulah yang ditekuni Divkie Triansyah.

Laporan: Wilda Wijayanti

Berawal dari kerabatnya yang berulang tahun dan kebingungan memberi kado seperti apa, Divkie pun tercetus ide membuat kado berupa lukisan beralaskan kayu dengan metode komputerisasi. Terlebih, Divkie memang lebih memilih membuat daripada membeli jika ingin menghadiahkan sesuatu buat seseorang.

“Inspirasinya enggak sengaja, mulainya tahun lalu bulan Juni. Tekniknya, foto dimasukin Photoshop, kemudian di-grayscale. Dari situ saya maenin cahayanya, masukin Ilustrator agar lebih halus, barulah di-print. Lalu dipotong hasilnya, barulah finishing, desain itu dicat. Medianya kayu, kalau ukuran menyesuaikan yang diinginkan oleh konsumen,” papar Divkie kepada Radar Bogor.

Kayu yang digunakan pun bekas. Untuk ukuran lukisan kayu yang pernah dibuatnya, mulai dari A5 hingga yang panjangnya satu meter. Proses paling lama, menurutnya, saat mengeringkan cat.

“Kalau memang fotonya bagus cepat prosesnya, tapi kan tidak semua foto bisa diedit. Harus ada alternatif foto lain. Untuk proses potong paling satu jam, begitu pun pas ngecat. Kebanyakan memang hitam putih, sebenarnya colorful itu bisa, tapi enggak bagus jadinya,” ungkap Divkie, yang mengaku masih menyesuaikan mood mengerjakan sharpie art buatannya.

Dia menjelaskan, sejauh ini bahan yang digunakan cenderung mudah ditemukan. Ia mengaku sangat mengandalkan media sosial untuk mempromosikan produknya. Range harga mulai dari Rp50 ribu ke atas. “Sebelum menggambar saya kasih liat dulu hasil editannya. Kebanyakan buat ulang tahun dan masih ngerjain sendiri. Kesulitannya paling kalau enggak ada matahari, sulit mengeringkan catnya,” jelasnya.

Divkie mengaku ingin belajar singkat soal dunia lukis. Untuk ragam produk, selain karakter atau wajah, quote pun akan ia produksi. “Belum sempet bikin yang quote-quote gitu. Kalau mau lihat koleksi lain bisa di Instagram @bleberrart atau @divkietrsy,” tandasnya.(*/c)

Komentar Anda