Beranda Female

Pola Kepengurusan Sesuai Jabatan Suami

BERBAGI

Ikut memperjuangkan serta mewujudkan cita-cita dan tujuan bangsa Indonesia, tepat pada 25 November 1956, dibentuk organisasi persatuan istri AURI yang diberi nama PIA Ardhya Garini sebagai wadah kegiatan istri anggota TNI Angkatan Udara (AU).

Tak berbeda dengan persatuan atau perkumpulan istri-istri dari anggota TNI pada umumnya, para anggota PIA Ardhya Garini hadir sebagai organisasi istri anggota TNI AU yang ikut berperan aktif mendukung suksesnya misi dan tugas kewajiban TNI AU sebagai bagian TNI yang secara konsisten mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

PIA sendiri singkatan dari Persatuan Istri Anggota TNI Angkatan Udara kemudian disebut PIA Ardhya Garini. Untuk mengoptimalkan perannya, PIA Ardhya Garini bertekad meningkatkan kualitas sumber daya dan kemandirian anggota, terutama untuk kesejahteraan dalam kedudukan berkeluarga dan bermasyarakat. “Di Bogor, PIA Ardhya Garini ada di wilayah Kemang Kabupaten Bogor, yang disebut PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.I Lanud Atang Sendjaja.

Dalam struktur organisasi, pengurus pusat PIA Ardhya Garini dipimpin istri Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), yaitu Ny. Hadi Tjahjanto, di bawah kepemimpinan PIA Ardhya Garini Pengurus Pusat adalah PIA Ardhya Garini Pengurus Daerah Koopsau I yang diketuai istri Pangkoopsau I,” jelas Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.I Lanud ATS, Ny. Irwan Is Dunggio.

Untuk perpanjangan dari PIA Ardhya Garini Pengurus Daerah I Koopsau I, adalah PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.I Lanud Atang Sendjaja yang membawahi ranting kedinasan terdiri dari enam ranting, yaitu PIA Ardhya Garini Ranting 01-3/D.I Skadron Udara 6, PIA Ardhya Garini Ranting 02-3/D.I Skadron Udara 8, PIA Ardhya Garini Ranting 03-3/D.I Skadron Tekhnik 024, Pia Ardhya Garini Ranting 04-3/D.I RSAU dr M.Hassan Toto, PIA Ardhya Garini Ranting 05-3/D.I Staf Pangkalan, Pia Ardhya Garini Ranting 06-3/D.I Satpomau.

Pola kepemimpinan yang berlaku dalam organisasi PIA Ardhya Garini adalah mengikuti jabatan seorang komandan di suatu satuan, secara otomatis istri dari komandan atau pimpinan satuan tersebut menjadi ketua organisasi PIA Ardhya Garini. “Tugas kami dalam berorganisasi adalah melakukan hal-hal yang positif seperti pendidikan dan kegiatan sosial. Kami adalah sebuah keluarga yang saling menghormati dan menghargai,” jelas Ny. Irwan Is Dunggio.

PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.I Lanud Atang Sendjaja memiliki susunan kepengurusan selain ketua antara lain terdapat pembina, yaitu komandan Lanud Atang Sendjaja, pembina harian yang dijabat Letkol Kal Made Iwan, sekertaris, bendahara dan empat seksi yaitu seksi organisasi, seksi ekonomi, seksi kebudayaan dan seksi sosial. ”Kepengurusan kami rutin mengadakan koordinasi yang disebut piket seminggu sekali,” tambahnya.

PIA Ardhya Garini Cabang 3/D.I Lanud Atang Sendjaja memiliki anggota mencapai kurang lebih 700 orang. Dalam kegiatannya PIA Ardhya Garini cabang 3/D.I Lanud Atang Sendjaja merupakan organisasi yang seaspirasi dengan Gabungan Organisasi Wanita (GOW). ”Jadi, kami gabung juga di situ,” tukasnya.(cr6/c)

Komentar Anda