Beranda Nasional

Sajikan Kopi Langka

BERBAGI
SANTAI: Mahendra Kusuma (kiri) membagikan berbagai jenis kopi kepada pengunjung Botani Square, kemarin. Rani/ Radar Bogor

BOGOR–Pengunjung Mal Botani Square dimanjakan hidangan kopi di lantai 3, Sabtu (12/8). Pembagian kopi gratis dengan berbagai macam rasa tersebut merupakan salah satu rangkaian Festival Merah Putih (FMP).

Ketua panitia Cupping Coffe, Mahendra Kusumaputra menje­las­kan, Indonesia tidak hanya memiliki beragam macam suku, budaya, adat, pulau, kota dan kabupaten, tapi juga bermacam-macam kopi yang juga rasanya nikmat dan terkenal di dunia.

“Kami ingin memperkenalkan, ini loh, ternyata Indonesia memiliki beragam macam biji kopi yang rasanya sangat nikmat,” terangnya kepada Radar Bogor.
Pria yang juga berprofesi sebagai dosen itu berharap, melalui kegiatan kali ini masyarakat yang hadir mera­sakan kebhinekaan di Indonesia melalui kopi.

“Kopi bisa mempersatukan penikmat­nya menjadi satu meja dengan obrolan dan makna yang sama,” tegas anggota Bobats itu.Dalam kesempatan yang sama, ia juga memperkenalkan beberapa macam kopi asli Bogor. “Ternyata ada petani kopi di Bogor, dengan dua macam, yaitu Arabika dan robusta dari Lendong dan Sukamakmur,” tambahnya.

Selain itu, kata Mahendra, dalam kegiatan yang diseleng­garakan Sabtu dan Minggu (12-13/8) di Botani Square dan Cibinong City Mall itu memiliki guest star kopi lang­ka yaitu Liberika dari Kalimantan Barat. “Di dunia saat ini mungkin tinggal 3 persen keberadaannya,” ungkap dia.(ran/c)

Komentar Anda