Beranda Nasional

Hama Wereng Ancam Panen

BERBAGI

JAKARTA–Memasuki musim ke­marau akhir 2017, beberapa sentra produksi pertanian diserang hama jenis wereng batang coklat (WBC).
Catatan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan, total luas lahan yang terkena hama wereng di Indonesia dari Januari hingga Juli 2017 mencapai 67.749 hektare.

Sementara, sawah yang mengalami gagal panen akibat serangan hama wereng tersebut hingga saat ini seluas 746,71 hektare. Data ini diolah dari laporan para petani, maupun pemetaan di lapangan oleh Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan (POPT) di berbagai daerah.

Meski demikian, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yakin kondisi masih dapat dikendalikan. “Luas lahan yang diserang sangat kecil perbandingannya dengan luas seluruh lahan di Indonesia,” tegasnya di Jakarta, kemarin (12/8).

Namun, Amran menyebut bahwa pengendalian hama harus segera dilakukan sedini mungkin untuk mengantisipasi meluasnya wilayah serangan hama atau bahkan bisa meledak hingga menurunkan produktivitas padi nasional. “Kiat-kiat pengelolaan pertanaman padi di lapangan sudah kami lalukan,” kata Amran.

Pria kelahiran Makkasar ini menyebut sudah jauh-jauh hari memerintahkan tim pengendalian hama Kementan untuk berkoordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) untuk segera melakukan kontrol di lahan-lahan yang diserang.(jp)

Komentar Anda