Beranda Metropolis

Izin Bus Uncal Nyangkut di Kemenhub

BERBAGI
NGANGGUR: Bus Uncal hanya bisa terparkir di Balaikota Bogor karena masih terkendala izin dari Kemenhub. Nelvi/radar bogor

BOGOR – Meski sudah dimodifikasi sedemikian rupa, Bus Uncal hingga kini tetap belum bisa beroperasi. Bus yang memiliki akronim dari Unforgettable City Tour at Lovable City itu kini masih terparkir di Balaikota Bogor Jalan Juanda.

Permasalahan bentuk lampu dan pintu yang belakangan membuat bus tersebut gagal menerima surat registrasi uji tipe (SRUT) kini sudah rampung dilalui Bus Uncal. Lampu depan yang sebelumnya ditempatkan di tengah kini sudah digandakan menjadi dua, di samping kiri dan kanan. Begitu pula dengan pintu masuk yang sebelumnya ditempatkan di depan, sekarang sudah ditempatkan di samping.

Hal tersebut demi memenuhi standar keamanan bagi penumpang Bus Uncal di kemudian hari. Tapi, rupanya, hingga kini Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tak kunjung mengeluarkan SRUT untuk Bus Uncal. Padahal, masyarakat Bogor sudah lama menanti untuk bisa mengelilingi Kota Bogor menggunakan bus tersebut.

“Sebelumnya Kemenhub meminta agar ada perubahan struktur bus. Pintunya diubah di samping dan kita sekarang sudah mengubahnya,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya kepada Radar Bogor, kemarin (9/8).

Bima meminta agar masyarakat Kota Bogor tetap bersabar untuk menggunakan Bus Uncal. Karena, hingga kini pihaknya tengah mengupayakan agar bus berwarna biru itu bisa segera dioperasikan. “Kalau izinnya sudah lengkap, nanti juga bisa digunakan. Sekrang kita tunggu saja dulu,” terangnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bogor, Rakhmawati menjelaskan bahwa pihaknya juga tengah menunggu izin agar Bus Uncal bisa segera dioprasikan. “Kita tinggal menunggu izin SRUT dari Kemenhub saja. Tetapi memang prosesnya lama. Jadi, kita hanya bisa menunggu,” ujarnya.(rp1/c)

Komentar Anda