Beranda Politik

Bayu Soroti Budaya Lokal

BERBAGI
KOMPAK: Bayu Syahjohan (tengah) saat bersama warga.

BOGOR-Sumber daya manusia (SDM) di kalangan generasi muda Kabupaten Bogor, harus terus ditingkatkan agar tak meninggal­kan budaya leluhur bangsa.
Calon bupati Bogor dari PDI Perjuangan, Bayu Syahjohan berharap, pendidikan di semua lini untuk membentengi generasi muda dari pengaruh negatif.

“Bagi saya, peningkatan SDM generasi muda sangat penting. Kabupaten Bogor akan maju jika memiliki generasi yang selalu inovatif. Untuk bisa berkembang dan menuju ke arah itu, hanya satu, tingkatkan mutu pendidikan,” kata Bayu.

Politisi senior ini menuturkan, maju dalam pesta demokrasi lima tahunan bukan didasarkan pada ambisi. Melainkan, ada tujuan yang jauh lebih penting, yakni ingin adanya perubahan yang signifikan bagi 5,6 juta warga.

Dirinya juga meminta sekolah yang ada di Kabupaten Bogor, agar memasukkan mata pelajaran tambahan terkait budaya lokal. Gagasan ini muncul setelah dirinya diundang masyarakat Desa Tegal Waru dan Ciampea saat pertunjukan wayang golek semalam suntuk.

“Saya datang memenuhi undangan kepala desa saat berlangsung pertunjukan wayang. Pengamatan saya, masyarakat yang menonton pertunjukan sangat terhibur dan senang,” ujarnya.

Bayu yang dua periode duduk sebagai wakil rakyat itu menambahkan, wayang golek bercerita tentang kehidupan manusia yang penuh dengan toleransi dan gotong royong, dirasa sangat baik.

“Kalau pelajar diberi ilmu yang positif, mereka akan terhindar dari perilaku radikalisme dan into­leran. Kalau siswa diberi ilmu yang baik, maka ia akan berkem­bang menjadi generasi yang baik pula,” tuturnya.(ded/b)

Komentar Anda