Beranda Berita Utama

Gerhana Bulan Parsial Tampak Jelas di Langit Bogor

BERBAGI

Fenomena gerhana bulan parsial atau sebagian menghiasi langit Indonesia dini hari tadi. Fenomena ini juga bisa disaksikan di lima benua: Asia, Australia, Eropa, Afrika, dan Antartika. Termasuk di Bogor.

SEKITAR pukul 22.00 WIB, komunitas-komunitas pemburu gambar berkumpul di titik-titik strategis di kota hujan. Tujuan mereka satu, mendapatkan spot yang sempurna untuk membidik proses gerhana bulan parsial tadi malam.

”Jam 10 malam mulai terlihat perubahan,” tutur Andi Ardiansyah, penggila foto asal Kota Bogor. Informasi yang dihimpun, warga di wilayah Indonesia bagian barat seperti Sumatera, Jawa, dan Kalimantan bisa menyaksikan gerhana parsial tersebut mulai pukul 00.23 hingga 02.18 WIB.

Namun, masyarakat yang bermukim di kawasan paling timur Indonesia seperti Papua dan Maluku, kejadian langka ini dimulai pukul 02.23 hingga 04.18 WIT.Sementara bagi yang tinggal di zona waktu bagian tengah seperti Bali, Sulawesi, dan Nusa Tenggara, gerhana akan dimulai pukul 01.23 hingga 03.18 Wita.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin mengatakan, gerhana bulan terjadi ketika bumi berada di antara matahari dan bulan.
“Saat itulah purnama memasuki bayangan bumi,” kata Thomas kepada pewarta.

Dia menambahkan, sebenarnya gerhana bulan terjadi setiap tahun. Namun, tidak semua wilayah di dunia bisa menyaksikan fenomena ini. “Itu tergantung waktu kejadiannya,” sebut Thomas.

Warga pun antusias dengan hal tersebut. Fenomena langit itu juga akan terlihat di India. Seperti diberitakan India.com, Senin (7/8), gerhana bulan parsial yang bertepatan dengan festival Raksha Bandhan akan terlihat pukul 22.52 dan berakhir pada pukul 00.48 tanggal 8 Agustus waktu setempat. Dengan kata lain, berlangsung selama 1 jam 55 menit. Para pencinta fenomena langit pun bisa menuju planetarium untuk menyaksikan aktivitas langit tersebut.

Planetarium Nehru di New Delhi salah satunya, telah menyiapkan teleskop bagi pengunjung untuk menyaksikan Bulan sebelum gerhana dan fase parsial gerhana di halaman rumput Teen Murti. Pengunjung dapat menuju ke area itu dari pukul 21.00.(ric/lip)

Komentar Anda