Beranda Berita Utama

Jamaah Mulai Masuk Makkah

BERBAGI

JAKARTA–Puncak penye­lenggaraan ibadah haji semakin dekat. Di antara tandanya adalah mulai datangnya calon jamaah di Kota Makkah pada Minggu (6/8) dini hari waktu setempat. Mereka sebelumnya selama delapan hari berada di Madinah.

Rombongan calon jamaah yang pertama tiba di Makkah setelah melalui perjalanan enam jam dari Madinah adalah dari embarkasi Medan (MES 01). Rombongan ini berisi 387 orang jamaah. Setibanya di Makkah mereka ditempatkan di hotel Rabawi Mina dan Royal Makkah yang berada di kawasan Syisyah dan Raudha.

Kepala Daerah Kerja (Kadaker) Makkah Nasrullah Jasam mengatakan, sebelum masuk Makkah seluruh jamaah ini men­jalani pemeriksaan doku­men di daerah Jumum. Penge­cekan dokumen ini dilakukan oleh muassasah Asia Tenggara. Nasrullah mengatakan, perjalanan dari Madinah ke Makkah berjalan dengan lancar.

Total bus yang mengangkut rombongan itu berjumlah sembilan unit.Pemerintah memenuhi target mereka meningkatkan pelayanan haji di Makkah. Di antaranya adalah pemberian makanan sebanyak 25 kali. Rombongan pertama yang masuk ke Makkah itu langsung mendapatkan makan.

Nasrullah mengatakan, setibanya di Makkah, seluruh jamaah yang datang dari Madinah dianjurkan untuk istirahat selama dua jam. Tetapi, jika ada jamaah yang ingin langsung umrah ke Masjidilharam, bus feeder atau shalawat sudah siap beroperasi. Bus pengumpan ini mengantarkan jamaah dari hotel ke Masjidil­haram pergi-pulang.

Menurut Nasrullah, kedata­ngan rombongan jamaah dari Madinah ke Makkah sepanjang Minggu (6/8) cukup banyak. Yakni mencapai 13 kloter. Dia menjelaskan, nantinya para jamaah haji gelombang kedua akan terbang dari Indonesia langsung menuju Makkah melalu bandara Jeddah. Penerbangan jamaah haji gelombang kedua, dengan rute Indonesia-Jeddah, berlangsung 12-26 Agustus.

Sesuai jadwal rencana perjalanan haji (RPH) 2017, pucak ibadah haji yakni wukuf di Padang Arafah diselenggarakan pada 31 Agustus. Sebelum itu bandara Jeddah menetapkan closing date pada 26 Agustus. Setelah melakukan seluruh rangkaian haji, awal kepulangan jamaah haji dilaksanakan pada 6 September.(wan)

Komentar Anda