Beranda Berita Utama

Daya Jelajah Luas, Densus Tipikor Polri Diusulkan Awasi Dana Desa

BERBAGI

JAKARTA–Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menilai Detasemen Khusus (Densus) Tipikor Mabes Polri layak mengemban tugas pencegahan korupsi dana desa. Apabila jadi dibentuk, Densus Tipikor diya­kini mampu mengemban tugas ini karena jelajah kerja dan operasi Polri sangat luas dan mampu menjangkau hingga pelosok desa.

”Kapolri Jenderal Tito Kar­navian dan seluruh jajarannya perlu mengambil inisiatif tentang strategi atau pendekatan dalam rangka mengamankan penyaluran dan pemanfaatan dana desa,” kata Bambang dalam ketera­ngannya, kemarin (6/8).

Sebagaimana diketahui, penyaluran dan pemanfaatan dana desa saat ini minim pengawasan. Pemerintah hanya mengerahkan satu instrumen untuk mengamankan dana desa, yakni Satuan Tugas Dana Desa yang dikerahkan oleh kementerian Desa.

”Penguatan kebijakan dana desa tidak cukup dengan evaluasi menyeluruh pada aspek aspek tata kelola, mekanisme penyaluran hingga kejelasan pemanfaatannya. Ini harus diperkuat dengan pengawasan,” kata Bambang.

Hingga kini, kata Bambang, dana desa yang disalurkan sudah mendekati Rp127 triliun. Sangat janggal jika dana ratusan triliun rupiah itu tidak didukung dengan pengawasan. (bay/idr)

Komentar Anda