Beranda Pendidikan

Borcess Dorong Lulusan SMK Go Asia

BERBAGI
SELEKSI : Perwakilan Okayama Institute saat mewawancara beberapa siswa yang berminat ikut program beasiswa di Jepang.

BOGOR–Bogor Centre School atau yang dikenal Borcess mendorong lulusannya untuk go Asia. Ini merupakan kerja sama antara Borces dan Okayama Institute yang ada di Jepang. Pihak Okayama akan memberikan beasiswa berupa pengalaman, pengetahuan, dan keuangan. Program ini terselenggara berkat program dari Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat.

Ada proses seleksi dari seluruh sekolah di Jawa Barat yang memenuhi standar dari sekolah dan kesanggupan siswanya dan jurusan apa yang diminati. Ada juga tes berbahasa Jepang dan sesuai minat jurusan yang diambil.

”Dari seleksi ketat seluruh siswa dan siswi seluruh Indonesia, akhirnya dapat satu dari SMK Taruna Terpadu ini namanya Shafira, rekaman speech kita bawa ke Jepang dan pihak Okayama tertarik kemudian datang dan bersedia memberikan beasiswa kepada anak didik kita ini. Jadi, di Jepang nanti dilatih kemandirian dan life skill, juga diberikan kebebasan apakah meneruskan kuliah atau bekerja,” ujar Arief Rahman sebagai ketua kesiswaan bidang bela negara.

Sebelumnya, Dinas Pendidikan Provinsi bersama SMK Taruna Terpadu datang ke Jepang dan diberikan arahan-arahan yang isinya bagaimana kerja sama antara pelajar di Indonesia, yang bisa go internasional untuk bisa kuliah atau bekerja di sana dan diharapkan dari SMK.

”Pihak Okayama Institute ini lebih cenderung anak-anak fokus ke life skill, bagaimana ia bisa mempraktikkan ilmu di sana,” tambahnya. Pada kesempatan itu dilakukan juga MoU.(pkl4/b)

 

Komentar Anda