Beranda Nasional

Mentan : Mulai November Paceklik

BERBAGI
CEK KUALITAS: Mentan menunjukkan butiran beras yang siap edar.

BANDUNG–Menteri Pertanian Amran Sulaiman menjelaskan bahwa hasil panen padi yang bagus pada medio April sampai September akan menjadi modal bagus jelang musim paceklik.

“Harus diakui beras panen dalam tiga bulan terakhir sangat bagus kualitasnya. Capaian ini harus dioptimalkan agar tidak terjadi paceklik di bulan Desember, Januari dan November,” katanya, dalam acara Panen Raya di Ciparay, Kabupaten Bandung, Sabtu (5/8) siang.

Untuk periode Juli, di Jawa Barat, menurut Amran, sudah mencapai target jumlah panen padi yang mencapai 1 juta hektare. Ini merupakan peningkatan karena dahulu, hanya 500 ribu hektare lahan per bulannya dipanen. “Kami harapkan target di Agustus bisa mencapai 1 juta hektare, September juga sama, kalau ini terjadi tidak ada paceklik,” terangnya.

Saat disinggung mengenai bulan-bulan rawan berkurang panen dan paceklik adalah pada medio November, Desember, dan Januari. Langkah yang dilakukan oleh Kementan untuk mengantisipasi paceklik itu ternyata sangat sederhana. Sistem dan strategi yang dibangun adalah pada Juli, Agustus, dan September tidak boleh jumlah tanam letani di bawah satu juta hektare.(jpnn)

 

Komentar Anda