Beranda Traveling

Jalan-Jalan ke Baubau Buton

BERBAGI

Sulawesi dianugerahi keindahan alam yang tak ada habisnya. Betapa luas lautan Indonesia saat dilihat dari atas langit dikelilingi pulau-pulau mungil. Sri Dewi Sekarwangi berkesempatan mengunjungi Baubau, kota kecil di Pulau Buton, yang menyimpan sejarah indah dari masa raja-raja Peninggalannya masih banyak, bahkan dimanfaatkan oleh masyarakat setempat.

BAUBAU adalah tujuan yang cukup populer di Sulawesi Tenggara. Meski demikian, jika dari Surabaya, tetap saja kita harus transit di Makassar. Baru naik pesawat baling-baling yang terbang empat kali sehari. Kota Baubau punya lapangan terbang kecil bernama Bandara Betoambari. Di sanalah saya memulai petualangan.

Di Baubau, yang merupakan ibu kota Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, saya menginap di rumah kakak saya. Dari bandara ke pusat kota, kami melewati jalanan yang tak lebih lebar dari jalan kampung kalau di Surabaya. Sepanjang jalan saya melihat banyak rumah tradisional Sulawesi yang berupa rumah panggung. Saya begitu bersemangat menjelajahi Baubau. Sebab, ini destinasi liburan yang anti-mainstream.

Di sini ada benteng peninggalan zaman Belanda, juga bangunanbangunan dari masa kejayaan kerajaan Islam pada abad ke-17. Uniknya, mereka tak sekadar dijaga dan dijadikan objek wisata. Melainkan juga masih digunakan untuk aktivitas sehari-hari warga. Kukuh dan terawat.(*)
dengan baik. (*/c19/na)

Komentar Anda