Beranda Olahraga All Sport

Tanpa KITAS Dilarang Main

BERBAGI
BUTUH KITAS: Kehadiran Srdan Lopicic ke Persiba Balikpapan perlu dilengkapi KITAS.

JAKARTA–Kartu izin tinggal terbatas (KITAS) pemain asing di Indonesia kerap bermasalah. Untuk menangkal itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) kini menerapkan syarat ketat.

Andai pemain asing belum mengantongi KITAS, PT LIB tidak akan memberi izin dia bermain di Liga 1. Setiap klub wajib menyelesaikan proses tersebut sebelum mendaftarkan pemain kepada operator.

“Ada beberapa catatan di putaran pertama yang kami bahas dengan klub. Untuk memperbaiki kualitas di putaran kedua, pemain asing nantinya boleh didaftarkan, tapi baru boleh dimainkan jika sudah menyelesaikan KITAS,” ujar Direktur PT LIB, Berlinton Siahaan.

Terkait dengan putaran kedua Liga 1, Berlinton yakin jalannya akan mulus. Meski persaingan di klasemen yang sangat ketat berisiko memunculkan tensi tinggi.
Dengan rapatnya perolehan poin di klasemen akan membuat liga semakin menarik di putaran kedua. Kita tidak usah khawatir jika jarak yang dekat di klasemen akan membuat kerusuhan seperti yang baru terjadi,” imbuhnya.

Evaluasi putaran pertama sudah dilakukan oleh PT LIB. Salah satu poin yang jadi fokus adalah kualitas wasit yang seringkali salah. Ide menggunakan wasit asing pun bakal diterapkan.

“Kami berupaya melakukan terobosan dengan mendatangkan wasit luar negeri, berharap agar kualitas sepak bola Indonesia bisa lebih baik lagi,” kata Berlinton.(rur/viv)

Komentar Anda