25 radar bogor

Mengejar Kane

LONDON–Harry Kane dalam dua musim terakhir sudah menyatakan dirinya sebagai yang terbaik di Premier League. Musim ini, adakah yang bisa menghentikannya?
Kane sukses menjadi yang tertajam di Premier League dua musim terakhir. Penyerang Tottenham Hotspur itu bikin 25 gol dua musim lalu, kemudian mempertajamnya dengan 29 gol di musim kemarin.

Di musim kemarin, persaingan gelar top skorer Premier League diramaikan lima nama. Selain Kane, ada Romelu Lukaku, Alexis Sanchez, Diego Costa, dan Sergio Aguero. Kelima nama ini adalah mereka yang berhasil mencetak 20 gol atau lebih dalam semusim.

Lukaku musim lalu bikin 25 gol atau hanya kalah empat gol dari Kane. Peluang Lukaku untuk tampil lebih tajam di musim ini terbuka lebar, setelah ia bergabung dengan Manchester United di musim panas ini. Dia jelas bisa mengharapkan servis yang lebih baik dari MU, yang punya komposisi pemain lebih baik dibandingkan Everton, klub lamanya.

Di belakang Kane dan Lukaku, ada Sanchez yang musim lalu bikin 24 gol, lalu Costa dan Aguero yang masing-masing mencetak 20 gol. Namun ketiganya punya isunya masing-masing untuk kembali bersaing di perolehan gol.

Khusus untuk Sanchez dan Aguero, beban keduanya untuk mencetak gol musim depan diperkirakan menjadi berkurang. Sanchez punya rekan baru di lini depan Arsenal, yakni Alexandre Lacazette, sementara Aguero punya Gabriel Jesus yang unjuk gigi di musim lalu.

Sementara beban untuk jadi pendulang gol berkurang, Sanchez dan Aguero otomatis juga menipis peluangnya untuk kembali bersaing di daftar top skorer. Tapi secara tim, Arsenal dan City jelas lebih diuntungkan karena punya sumber gol-gol yang lebih banyak.

Diego Costa punya masalah lain. Dia takkan jadi andalan Chelsea lagi di musim ini, karena menuju pintu keluar klub. Kabarnya pemain internasional Spanyol itu akan kembali ke Atletico, namun terkendala hukuman larangan transfer.(rur/dc)