Beranda Berita Utama

Bienvenue, Neymar

BERBAGI

PARIS–Berakhirlah saga transfer Neymar ke Paris Saint-Germain (PSG). Setelah sempat ada polemik antara La Liga dan LFP–operator Ligue 1, maka Neymar kemarin WIB (4/8) sah jadi Pemain Termahal Dunia begitu Les Parisiens –julukan PSG– membayarkan buy out clause ke Barcelona sebesar EUR 222 juta (Rp3,5 triliun).

Dengan tebusan sebesar itu, Neymar diikat PSG kontrak berdurasi lima musim ke depan. Nah, sore kemarin WIB Neymar menjejakkan kakinya di Paris. Rencananya, seperti dilaporkan situs resmi LFP, PSG bakal menggelar seremonial perkenalan Neymar ke depan fansnya sekitar dua jam sebelum laga pembuka Ligue 1 melawan Amiens SC di Parc des Princes, Paris.

Laga berlangsung pada pukul 17.15 waktu setempat, Neymar diperkenalkan kepada fans PSG sekitar pukul 15.45 waktu setempat. ’’Sejak saya datang ke Eropa, klub ini sudah kelihatan sebagai salah satu klub kompetitif dan sangat ambisius. Saya benar-benar gembira bisa gabung, dan bermain untuk klub ini,’’ kata Neymar, dalam presentasinya seperti dikutip ESPN.

Sumber di PSG menyebut, pemain berkebangsaan Brasil itu per musimnya akan dibayar sebesar EUR 30 juta (Rp474,5 miliar). Atau, per pekannya Neymar dibayar EUR 515 ribu (Rp8,14 miliar). Angka tersbeut hampir dua lipat dari gaji per pekan yang dia dapat ketika masih di Barca.

Total Sportek menyebut, per pekan Neymar digaji Barca sebesar EUR 319,8 ribu, atau di angka Rp5 miliar. Hanya, Neymar menegaskan, kedatangannya ke PSG ini bukan demi materi. ’’Tantangan terbesar, dan itu yang memotivasi saya datang ke sini dan bergabung dengan rekan-rekan baru saya adalah untuk membantu klub ini merengkuh trofi yang diinginkan fans,’’ klaim Neymar.

Bukan hanya trofi domestik seperti Ligue 1, Coupe de France atau Coupe de la Ligue, di sini Neymar juga diharap bisa menjadi kekuatan PSG menggebrak di Liga Champions. Apabila asa itu terpenuhi, bukan hanya bagi PSG, bagi Neymar pun bisa menjadi modal mengejar gelar Ballon d’Or.

’’Saya empat musim di Eropa, saya siap menerima tantangan. Dimulai hari ini (kemarin), saya akan melakukan apa pun yang bisa membantu tim ini, rekan setim saya, membuka dimensi baru bagi klub, lalu memberi kegembiraan fansnya di seluruh dunia,’’ tambahnya. Hari ini tidak hanya diperkenalkan ke publik Parc des Princes.

Neymar pun rencananya juga akan langsung diberikan debut di Ligue 1. Entah itu debut langsung sebagai starter, atau memulainya dari bench. Apapun itu, Unai Emery entraineur PSG hanya berharap anak asuhnya langsung panas sejak journee pertama. ”Pertandingan pertama itu cerminan sejauh mana kami mampu (menuntaskan musim dengan juara),’’ ucap Emery. Di awal musim lalu, PSG hanya mampu menang tipis 1-0 atas Bastia.

Emery mengungkapkan, sebelum ada Neymar pun timnya telah mengusung ambisi besar musim ini. ’’Kami ingin memenangi semua yang kami mampu, tentunya Liga Champions sudah ada dalam pikiran kami. Tapi, waktu yang akan menjawabnya. Kami ingin tunjukkan pada fans, kami punya keinginan dan ambisi,’’ lanjut mantan pelatih Sevilla itu.

Nasser Al-Khelaifi sebagai Presiden PSG pun konfiden dengan efek yang akan diberikan Neymar ke klub miliknya. ’’Dia akan memberi energi positif ke klub ini. Enam tahun kami telah membangun tim ini demi mencapai level tertinggi di domestik dan Eropa. Hadirnya Neymar ke tim ini makin mendekatkan itu semua. Dengan dukungan fans kami akan merealisasikan mimpi itu,’’ koar Al-Khelaifi.(ren)

 

Komentar Anda