Beranda Pendidikan

Unibraw Cetak Rekor Khotmil Quran

BERBAGI

MALANG–Universitas Brawi­jaya, Malang, memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) untuk khotmil Quran secara berkesinambungan terlama, yakni tujuh kali 24 jam lebih 17 menit di Masjid Raden Patah.

Selama ayat-ayat suci Alquran itu dilantunkan tujuh hari tujuh malam tanpa henti, 2.222 orang telah mengkhatamkan Alquran sebanyak 70 kali. Khotmil Quran dimulai Kamis (27/7) hingga Rabu (2/8), ditutup tilawatil Quran dari Prof. Said Aqil Siradj, yakni surat Al-Ikhlas, Al-Falaq dan Annas.
Pemecahan rekor MURI khotmil Quran di Universitas Brawijaya ini adalah rangkaian pendukung untuk Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) XV yang digelar di kampus itu dan Universitas Negeri Malang.

Rektor Universitas Brawijaya Prof. Moh. Bisri menyebut penca­paian itu sangat luar biasa karena sebelum ini belum pernah ada pemecahan rekor seperti ini.
“Tadi Pak Said Agil sendiri kan me­ngatakan kalau sepanjang sejarah pelaksanaan MTQMN selama 30 tahun belum pernah ada pemecahan rekor MURI khotmil Quran seperti ini. Saya kira ini sangat luar biasa,” kata Bisri.

Ketua MTQMN XV dan peme­cahan rekor MURI, Akhmad Muwafik Saleh menyampaikan syukur dan terima kasih. “Kami sangat berterima kasih kepada peserta yang ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan khata­man Alquran selama 7×24 jam non-stop. Kita berkumpul di tempat ini, selama tujuh hari tujuh malam. Alhamdulillah pada hari ini kita bisa selesaikan khotmil Quran,” katanya.
s
Untuk memecahkan rekor MURI ini, ada sekitar 52 kali khot­mil Quran, yakni membaca melalui mushaf, tapi itu belum dihitung hafalan lainnya yang dilakukan hafiz dan hafizah cilik yang diundang, sehingga total dari khotmil Quran yang dilakukan selama tujuh hari tujuh malam ada kurang lebih 70 khatam, kata dia.
Peserta yang diundang, di antaranya 10 pesantren di Kota Malang, 42 sekolah mulai dari tingkat SD, SMP hingga SMA di wilayah Malang.(ant)

 

 

Komentar Anda