Beranda Politik

Andalkan Dewan di Pilkada 2018

BERBAGI

JAKARTA–Partai Amanat Nasional (PAN) sudah menyiapkan strategi guna meraup suara terbanyak pada Pilkada 2018 mendatang. Partai berlambang matahari terbit itu mengandalkan anggota DPR untuk jadi pendulang suara bagi calon yang diusung.

”Yang pasti anggota legislatif PAN akan tersebar dari Sabang sampai Merauke. Ya semua daerah yang ikut dalam pilkada serentak 2018 yang ada anggota DPR RI, itu top priority. Sedangkan daerah-daerah yang masih merupakan potensi lumbung suara PAN itu kami garap tentunya tetap berkoalisi dengan partai lain,” ungkap Taufik Kurniawan, wakil ketua umum PAN di Kompleks Parlemen, Senayan, Rabu (2/8).

Wakil ketua DPR RI itu menekankan, Pulau Jawa merupakan wilayah strategis untuk PAN mendulang suara. Di antaranya Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. ”Katakanlah Jawa juga basis PAN. PAN merata di Jawa. Di Jawa Barat ada beberapa anggota DPR RI, Jateng delapan, Jatim juga banyak, delapan. Hampir imbang lah posisinya. Sehingga ini menjadi salah satu daerah-daerah yang sangat strategis,” bebernya.

Menurut Taufik, wilayah-wilayah kemenangan PAN menjadi lumbung suara paling signifikan. Hal ini terjadi karena sudah mempunyai pendukung yang loyal. ”Oh iya pasti. Karena di situlah tempat adanya konstituen yang betul-betul secara loyal mendukung PAN. Secara kontribusi memberikan harapan kepada wakil rakyat yang dipilih dari dapil itu,” imbuhnya.

Dia menguraikan, misalkan ada daerah yang kebetulan mengikuti pilkada serentak 2018, tentunya DPP langsung menginstruksikan para wakil rakyat asal daerah pemilihan (dapil) itu terjun memberikan kontribusi memenangkan calon yang diusung partai besutan Amin Rais tersebut.

”Yang kebetulan dapil itu seandainya ikut menjadi bagian pilkada serentak tentunya pasti DPP PAN yang anggota DPR nya provinsi, kabupaten, kota diminta oleh ketum, partai untuk memberikan kontribusi pemikiran ataupun hal-hal yang lain terkait pemenangan pilkada,” paparnya.(jp)

Komentar Anda