Beranda Ekonomi

Produk Unggulan Desa Dipamerkan

BERBAGI

PAMERAN: Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi memamerkan produk unggulan kawasan perdesaan.

JAKARTA–Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) menggelar Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017 di Mezzanine Hall, Thamrin City, 28-30 Juli lalu.

Prukades merupakan salah satu dari empat program prioritas Kemendesa 2017. Adapun keempat program yang dijalankan Kemendesa meliputi Prukades, Badan Usaha Milik Desa (BUMDES), Embung, dan sarana olahraga desa yang tercantum dalam Instruksi Menteri (INMEN) nomor 1 tahun 2017 tentang kegiatan prioritas kementerian.

Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo mengatakan, berdasar data Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah Tertinggal (Ditjen PDT) tahun 2016, tercatat 80 kabupaten dari total 122 kabupaten di seluruh Indonesia ditetapkan sebagai daerah tertinggal. “Prukades juga merupakan wujud pengembangan ekonomi kreatif yang mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki masyarakat pedesaan melalui hasil karya mereka,” katanya.

Hasil karya masyarakat desa ini juga didukung oleh BUMDES sebagai wadah bagi para UKM dalam mengembangkan bisnis sesuai keahlian yang mereka miliki. Prukades juga menjadi nilai lebih bagi para UKM dalam mengembangkan dan mempromosikan usaha mereka. Produk Prukades tersebut dikembangkan dengan berbasis teknologi dan inovasi.(*ami)

Komentar Anda