Beranda Metropolis

Mahasiswa IPB Ciptakan Pot ’’Ajaib’’ dari Limbah Kelapa Sawit

BERBAGI
PRESTASI: Muhammad Iskandar dan Nurul Hidayah berhasil menciptakan pot dari limbah kelapa sawit dan meraih juara lomba karya tulis ilmiah.

Pot yang terbuat dari plastik ataupun semen sudah sangat lazim digunakan orang. Namun, tidak ada salahnya mencoba variasi pot baru yang terbuat dari limbah kelapa sawit. Selain ramah lingkungan, pot karya mahasiswa IPB, Muhammad Iskandar dan Nurul Hidayah, ini bisa didesain sesuai keinginan.

Laporan: Wilda Wijayanti

Pot yang diberi nama Nature Pot (Pot Alami) ini, murni berbahan dasar limbah kelapa sawit dan tanah mineral berbasis zero waste agriculture. Inovasi inilah yang telah mengantarkan kedua mahasiswa tersebut meraih juara pertama dalam lomba karya tulis ilmiah, yang diselenggarakan Himpunan Mahasiwa Ilmu Tanah IPB akhir tahun silam.

Kegiatan bertajuk Soil Science Festival Paper Competition tersebut mengangkat tema Inovasi Pengelolaan Lahan Gambut di Indonesia. Dijelaskan Iskandar, N-pot merupakan pot yang dibuat dengan memanfaatkan limbah atau hasil sampingan dari produksi minyak sawit yang berupa tandan kosong dan cangkang sawit.

Lalu, dicampur dengan tanah mineral, guna memberikan kebutuhan kandungan mineral seperti P, K, Ca untuk unsur mikronya dan Cu, Zn, Fe, dan Mn untuk unsur mikronya. “Pemberian tanah mineral dilakukan karena kandungan asam tanah gambut cukup tinggi, yakni berkisar pH 3-5. Penggabungan bahan tersebut menggunakan perekat alami tanin yang dibantu dengan kertas koran bekas guna mengokohkan N-Pot. Pencetakan pot menggunakan cetakan yang sebelumnya telah disediakan,” bebernya.

Dirinya memanfaatkan limbah kelapa sawit, karena mengetahui jumlah limbahnya yang cukup banyak. Pasalnya, dari 24 ton per hektare per tahun, buah sawit yang diproduksi hanya sekitar lima ton yang dimanfaatkan. Dimana 19 ton sisanya merupakan limbah dalam bentuk tandan kosong, cangkang, dan lumpur.

“Selain menjadi salah satu alternatif penggunaan polybag yang digunakan di perkebunan kelapa sawit, dengan adanya N-Pot ini dapat menjadi salah satu media tanam yang memiliki kandungan hara yang cukup baik,” tukasnya.

Menurutnya, N-Pot juga bisa menjadi alat bercocok tanam. N-Pot ini pun dapat ikut memberi­kan sumbangsih terhadap keseha­tan tanah dan lingkungan yang baik, guna terjaganya kelestarian hara pada lahan gambut.(*)

Komentar Anda