Beranda Metropolis

Istana Diselimuti Merah Putih Seribu Meter

BERBAGI
SERBA MERAH PUTIH: Seorang pejalan kaki sedang melewati jalur pedestrian Kebun Raya Bogor, kemarin (1/8). Terlihat bendera merah-putih sudah menghiasi pagar Istana Bogor. Nelvi Radar Bogor

BOGOR–Hari Kemerdekaan masih dua minggu lagi. Namun, suasana Kota Bogor mulai diselimuti bendera merah putih. Paling menonjol adalah kompleks Kebun Raya Bogor dan Istana Bogor, yang mulai dipasangi umbul-umbul merah putih.

Warna ini nampak kontras dengan suasana hijau di sepanjang jalan melingkar Jalan Pajajaran, Jalak Harupat, Otto Iskandardinata, dan Jalan Ir H Djuanda. Kain merah putih dibentangkan dengan bentuk menyimpul, setengah lingkaran, dan terlihat menutupi sebagian pagar istana.

Kepala Sub Bagian Rumah Tangga dan Protokoler Istana Kepresidenan Bogor, Endang Sumitra menuturkan, kain merah putih yang dipergunakan untuk menutupi pagar sekeliling Istana Bogor, bila dibentangkan panjangnya mencapai 1.000 meter. “Ini merupakan tradisi setiap menyambut Hari Kemerdekaan. Kain yang digunakan sepanjang 1.000 meter mengelilingi pagar istana,” katanya kepada Radar Bogor, kemarin (1/8).

Dijelaskan Endang, pemasangan umbul-umbul dilakukan selama satu bulan penuh di setiap bulan Agustus. Tidak hanya di Istana Bogor, melainkan juga di lima istana kenegaraan yang ada di Indonesia. “Selain menghiasi pagar istana dengan umbul-umbul, kami juga mengecat ulang tembok pagar sehingga menjadi lebih rapi dan bersih,” kata dia.

Sementara itu, salah satu pejalan kaki di pedestrian KRB, Sukmawati (25), mengaku amat menikmati suasana istana pada saat menyambut Hari Kemerdekaan. “Pada tahun lalu, selain ada umbul-umbul, bagian dalam istana juga terdapat payung warna-warni tergantung di pohon-pohon dalam istana. Tampilan istana jadi lebih menarik,” kata dia.

Ia pun berharap, masyarakat pejalan kaki yang melintas di sepanjang Istana Bogor tidak jahil untuk merusak atau mencorat-coret hiasan dan umbul-umbul yang sudah terpasang. “Kan sudah bagus, apalagi menyambut Hari Kemerdekaan, Istana Bogor meriah,” beber dia.(wil/c)

Komentar Anda