Beranda Ekonomi

BRI Salurkan Dana PIP

BERBAGI
OMER RITONGA/RADAR BOGOR
BANTUAN PEMERINTAH: Siswa SMPN 4 Bogor usai menerima dana Program Indonesia Pintar (PIP).

BOGOR–Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menyalurkan dana percepatan Program Indonesia Pintar (PIP) periode 2017. Tidak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini dana tersebut disalurkan kepada siswa yang menerima melalui bank berpelat merah, yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI). Dana disalurkan sejak Juli hingga akhir Agutus mendatang. Khusus untuk siswa SMP, ada 15 ribu siswa yang tersebar di kota dan Kabupaten Bogor.

Group Head Institusion 1 Kantor Pusat PT BRI (Persero) Tbk, Ali Tarigan mengatakan, program tersebut merupakan bentuk dukungan bank terhadap program pemerintah, yakni percepatan PIP yang dilakukan sejak tahun lalu melalui Simpanan Pelajar (SimPel).

“Setiap siswa yang menerima dana PIP akan mendapatkan buku tabungan dengan nilai saldo sesuai dana yang diberikan,” kata Ali kepada Radar Bogor, di sela pemberian dana PIP di SMP Negeri 4 Bogor.

Berbeda dengan rekening lain, rekening siswa berlaku selamanya. Bahkan, siswa penerima dana PIP atau pemilik rekening tidak akan dikenakan biaya atau beban apa pun. Tak hanya itu, bila siswa tidak menarik dana dan juga menabung, nilai uang dalam rekening akan sama. “Tidak dikenakan biaya apa pun,” katanya.

Besarnya dana yang diberikan untuk siswa SMP per periode atau satu tahun sebesar Rp750 ribu, dan hanya sekali. Mereka dapat menarik dana tersebut di semua kantor cabang (KC), kantor cabang pembantu (KCP), teras-teras BRI terdekat.

Ada puluhan kantor baik itu KC, KCP, dan teras-teras BRI yang siap menerima dan melayani siswa dan orang tua untuk menarik dana. Di Bogor sendiri, penyaluran dana PIP dilakukan selama dua hari, Selasa (1/8) dan Rabu (2/8), di 52 sekolah yang tersebar di kota dan Kabupaten Bogor.

Branch Manager BRI Dewi Sartika, Edi Praswakito mengatakan, di SMP Negeri 4 Bogor, diserahkan dana PIP kepada 325 siswa yang berasal dari beberapa sekolah SMP maupun MTs.

Sementara itu, staf Khusus Mendikbud Bidang Monitoring Implementasi Kebijakan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, R. Alpha Amirrachman menambahkan, penyaluran dana program PIP sudah dilakukan dan akan terus berjalan.

Untuk area Bogor, baik itu kota maupun kabupaten, merupakan kegiatan kedua yang sebelumnya sudah dilakukan di Yogyakarta. Tidak hanya siswa SMP, untuk SD sederajat dan SMA sederajat juga menerima dana PIP yang berjumlah kurang lebih 4,3 juta siswa. “Masing-masing siswa SD dapat Rp450 ribu, SMP Rp750 ribu per tahun. Penyerahan hanya sekali setahun,” jelas Alpha.

Sementara itu, sesuai anjuran Presiden Jokowi Widodo, dana tersebut dapat digunakan orang tua dan siswa sesuai dengan kebutuhan pendidikan. Direktur Pembinaan SMP, Supriano menambahi, penyaluran dana PIP akan terus dilakukan. Ditargetkan sebelum 17 Agustus, sudah 1 juta siswa yang menerima dana tersebut.(mer/c)

Komentar Anda