Beranda Berita Utama

Vaksinasi Measles-Rubella Dimulai

BERBAGI

JAKARTA–Hari ini pencanangan vaksinasi measles-rubella (MR) diresmikan. Jogjakarta dipilih sebagai tempat pembukaan pencanangan vaksinasi MR. Rencananya, acara yang dihelat di MTsN 10 Kabupaten Sleman itu dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Direktur Surveilans, Imunisasi, Karantina, dan Kesehatan Matra Kementerian Kesehatan, Elizabeth Jane Soepardi, Jogja merupakan salah satu kota yang sejauh ini kooperatif terhadap pemberian vaksin. Walaupun kemarin sempat ada beberapa sekolah yang menyatakan penolakan vaksin. ”Pemerintah daerahnya bertindak dengan cepat. Kami berharap ada partisipasi pemerintah daerah karena sekarang Indonesia sudah desentralisasi pemerintahan,” tuturnya kemarin.

Selain Jogja, provinsi yang mendapat pujian Jane adalah Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta. Adanya peran pemerintah daerah dan kemauan masyarakatnya diharapkan bisa menyukseskan kampanye vaksin MR.

Jawa Timur lebih bersemangat lagi. Pekan lalu di Graha Pena Surabaya dilakukan penandatanganan komitmen untuk menyukseskan vaksinasi MR dengan dipimpin langsung oleh Gubernur Soekarwo. Setelah itu, tiap kepala daerah bergerak dengan inovasi masing-masing untuk menyukseskan gerakan tersebut.

Di Jember, hari ini ada pencanangan yang diikuti 3.000 siswa dengan dipimpin Bupati Faida. Di Surabaya, juga akan dilakukan pencanangan yang dipimpin Wali Kota Tri Rismaharini.

Sepanjang Agustus hingga September nanti, enam provinsi di Jawa akan serentak melakukan vaksinasi MR. Sebanyak 3.579 puskesmas juga sudah siap untuk memberikan vaksin. (lyn/c11/ang)

Komentar Anda