25 radar bogor

Pertamina Produksi Pertamax Baru

JAKARTA–Pertamina Refinery Unit IV Cilacap memproduksi bahan bakar minyak berstandar Euro IV. Pertamax jenis baru itu, rencananya mulai dijual Desember 2017. Meski belum memiliki nama resmi, bahan bakar minyak jenis baru dengan standar kualitas Euro IV ini telah mendapat julukan yakni Pertamax High Quality.

”Seluruh Indonesia akan diproduksi secara massal,” ujar Senior Vice President Direktorat Pengolahan PT Pertamina, Ardhy Mukobombang, kemarin (31/7).
Saat ini, pertamax jenis baru tersebut sudah mulai diproduksi di Pertamina Refinery Unit IV Cilacap dan mulai diuji pemasaran dalam waktu dekat untuk menentukan nilai keekonomian yang sesuai.

”Sekarang harganya masih sama antara Pertamax dan Pertamax High Quality. Nanti dilihat dari animo, setelah Desember kita bisa buat perbedaan harganya,” bebernya.
Selain Pertamax High Quality, Pertamina juga bakal memproduksi jenis bbm kualitas tinggi dari varian lainnya.

High quality yang dimaksud, adalah BBM dengan kandungan sulfurnya rendah. Bila sebelumnya Pertamina memproduksi BBM dengan standar Euro II yang kandungan sulfurnya 300-500 ppm, maka bbm baru yang diproduksi memiliki standar Euro IV kandungan sulfurnya hanya 50 ppm.(rah/net)