Beranda Berita Utama

Gempa 3,3 SR Guncang Gunung Salak

BERBAGI

BOGOR–Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,3 Skala Richter (SR) mengguncang kawasan Gunung Salak, Kabupaten Bogor, kemarin (31/7). Gempa di barat daya Bumi Tegar Beriman itu sempat membuat panik warga Desa Ciasmara, Kecamatan Pamijahan.

“Sekitar pukul 11.30 WIB. Di Pamijahan terasa sekali,” kata Sekretaris Camat Pamijahan Dedi Supriyadi kepada Radar Bogor.

Akibat guncangan yang cukup kuat, warga berhamburan keluar rumah. Dampak dari gempa ini, beberapa rumah mengalami kerusakan. “Retak, tapi tidak parah,” kata dia.
Data hasil analisis Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempa terjadi tepatnya pukul 11.38 WIB dengan koordinat episenter 6.81 LS dan 106.61 BT. Atau tepatnya di darat pada jarak 28 kilometer Barat Daya Kabupaten Bogor, pada kedalaman 10 kilometer.

Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan gempa dengan kedalaman dangkal akibat aktivitas sesar lokal. Kepala Stasiun Klimatologi Bogor Budi Suhardi mengimbau warga yang bermukim di sekitaran Gunung Salak untuk tetap tenang. “Kemungkinan gempa susulan selalu ada, tapi tidak akan sebesar gempa sebelumnya. Jadi, masyarakat saya harap tetap tenang,” pungkasnya.

Terpisah, tenaga ahli Menteri ESDM Bidang Kebencanaan, Surono, menjelaskan pusat gempa lebih dekat ke Sukabumi dan berupa gempa tektonik yang biasa terjadi. Ia menyebut gempa kemarin akibat aktivitas sesar Cimandiri. “Gempa dengan energi kecil, tidak merusak, tenang saja,” jelasnya.(all/don/c)

Komentar Anda