Beranda Metropolis

Awas, Kuntilanak Mengejarmu!

BERBAGI
foto : nelvi radar bogor

BOGOR–Kalian merasa bernyali tinggi dan tidak takut hantu? Rasanya, pilihan liburan yang satu ini tepat buat kalian. Kampung Hantu, merupakan wahana hiburan berbau mistis serupa dengan pertunjukan rumah hantu. Kampung Hantu ini terletak di lantai 4, Bogor Trade Mall (BTM).

Sesampainya di lantai 4, suara mistis yang terdengar samar sudah terdengar. Desain Kampung Hantu yang serba hitam dan gelap, semakin menambah mistis suasana yang terasa. Belum lagi dengan beberapa orang yang terlihat wara-wiri sambil mengenakan jubah hitam.

Owner Kampung Hantu, Romy Jordy mengatakan, Kampung Hantu berawal dari inisiatornya yang memiliki Komunitas Horor Show. Lantas, menurutnya, rumah hantu merupakan wahana masyarakat tradisional yang dari dulu sudah ada.

”Terus, kita mikir kenapa enggak buat wahana yang serupa kaya rumah hantu zaman dulu, tapi dibikin lebih seru dan dibawa ke tempat modern, misalnya di kota, di dalam mal gitu,” kata Romy.

Romy mengklaim Kampung Hantu ini benar-benar berisikan “hantu” sungguhan. Bukan sekadar Kampung Hantu, siapa pun masuk ke dalamnya akan mendapatkan story dari tiap hantu yang ditampilkan. ”Konsep Kampung Hantu berbeda dengan yang lainnya karena lebih mengedepankan art. Jadi, setannya itu real manusia lalu di-make over sedemikian mirip dengan tokoh hantu tersebut,” bebernya.

Dijelaskan Romy, kisah nyata yang diberikan diadopsi dari cerita mistis di sebuah wilayah Kota Bogor. Sebut saja, sosok Mbah Gaib dan kuntilanak yang merupakan wujud hantu di dunia nyata. Sebelum pertunjukan, timnya melakukan ritual khusus pemanggilan arwah Mbah Gaib dan kuntilanak.

“Proses mediasi kemudian dilakukan oleh mediator untuk berkomunikasi langsung dengan ’penunggu’ wilayah tersebut, sehingga Mbah Gaib dan kuntilanak pun dapat terhubung melalui mediator tersebut,” jelasnya.

Menurutnya, ritual tersebut menjadi penting dan fungsinya sebagai mediator, untuk memohon izin kepada hantu-hantu tersebut untuk bisa ditampilkan dalam pertunjukan Kampung Hantu ini. Syarat-syarat khusus juga langsung diberitahukan, bahwa wujud hantunya tidak boleh dilebih-lebihkan. Harus sesuai aslinya.

“Mbah Gaib dan kuntilanak ialah tokoh hantu sesungguhnya yang kami angkat dari kisah nyata. Ini adalah pertunjukan yang sudah kami adakan di enam kota dan sekarang di Kota Bogor. Kami pun selalu menyuguhkan kisah-kisah nyata berbeda dalam setiap pertunjukan. Bahkan, di kota sebelumnya kami menyuguhkan 15 hantu berdasarkan kisah nyata,” pungkasnya.

Bagi para pengunjung yang merasa tertantang, wahana Kampung Hantu terbuka untuk umum dari tanggal 29 Juli hingga 27 Agustus 2017. Harga tiket masuknya cukup terjangkau, yakni Rp20 ribu di hari biasa dan Rp25 ribu untuk hari libur. Khusus pelajar akan mendapatkan satu tiket gratis setiap pembelian lima tiket. (wil/pkl9/c)

Komentar Anda